Pengaruh leverage, ukuran perusahaan, dan kepemilikan saham terhadap pemilihan model pengukuran properti investasi

Anggasta, Patricia (2018) Pengaruh leverage, ukuran perusahaan, dan kepemilikan saham terhadap pemilihan model pengukuran properti investasi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Setiap perusahaan memiliki kebijakan akuntansi yang berbeda-beda. Fakta yang terjadi dalam dunia akuntansi adalah belum adanya metode akuntansi yang andal dan relevan secara penuh. Metode fair value muncul dan dikenal menjadi metode untuk mengatasi kelemahan metode historical cost. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mungkin berpengaruh terhadap kecenderungan perusahaan dalam memilih model pengukuran properti investasi, di mana pemilihan model pengukuran properti investasi diharuskan untuk memilih model fair value atau model cost. Variabel dependen pada penelitian ini adalah pemilihan model pengukuran properti investasi untuk melihat faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi kecenderungan perusahaan dalam memilih metode akuntansi yang digunakan. Variabel independen pada penelitian ini adalah leverage, ukuran perusahaan, dan kepemilikan saham. Objek penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan properti dan real estat yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode yang digunakan pada penelitian ini tahun 2014-2016. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Hasil dari pengujian ini adalah leverage berpengaruh terhadap kecenderungan perusahaan dalam memilih model pengukuran properti investasi sedangkan ukuran perusahaan dan kepemilikan saham tidak memiliki pengaruh terhadap kecenderungan perusahaan dalam memilih model pengukuran properti investasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Leverage, ukuran Perusahaan, kepemilikan saham, pemilihan model pengukuran properti investasi, properti investasi
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Patricia Anggasta
Date Deposited: 03 Aug 2018 07:18
Last Modified: 03 Aug 2018 07:18
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/15337

Actions (login required)

View Item View Item