Pengaruh warna kemasan rokok terhadap keputusan membeli dengan kepribadian sebagai variable moderator

Tanumiharja, Steven (2003) Pengaruh warna kemasan rokok terhadap keputusan membeli dengan kepribadian sebagai variable moderator. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (935kB) | Preview

Abstract

Produk dan konsumen merupakan bagian dari industri yang tidak dapat dipisahkan. Keputusan membeli konsumen dipengaruhi berbagai macam faktor, salah satunya adalah warna kemasan. Warna kemasan rokok produk baru sebagai marketing stimuli yang dapat menarik minat konsumen sedangkan kepribadian sebagai faktor penggerak keputusan membeli berdasarkan sifat-sifat warna kemasan rokok produk baru tersebut. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh warna dari kemasan rokok produk baru terhadap keputusan membeli dengan kepribadian sebagai variabel moderator. Subyek penelitian (N= 193) diperoleh dari incidental sampling, sedangkan data diperoleh dari eysenck personality inventory type-A dan aparatus eksperimen (tujuh kemasan rokok produk baru dengan variasi warna: violet, indigo, blue, green, yellow, orange, red) dan dianalisa dengan menggunakan chi-square dibantu dengan program SPSS (seri 11.0). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) terdapat pengaruh yang signifikan warna kemasan rokok produk baru terhadap keputusan membeli pada kelompok subyek introvert, ekstrovert maupun pada total keseluruhan. (b) tidak ada pengaruh yang signifikan warna dari kemasan rokok produk baru terhadap keputusan untuk membeli antara kelompok subyek introvert dan ekstravert . Warna merah dan biru merupakan warna yang banyak diminati. Keputusan membeli subyek penelitian berdasarkan pada acceptances or rejection terhadap altematif warna kemasan rokok produk baru. Peran memory color (asosiasi dan familiarity) sangat mempengaruhi subyek penelitian dalam membuat keputusan membeli. Memory color (merah dan biru) didapat dari pengalaman subyek terhadap warna kemasan rokok yang beredar dan gender stereotype (tuntutan soisal tentang peran jenis laki-laki). Pengaruh dari pengalaman subyek tentang warna kemasan rokok yang beredar dipasaran dan gender stereotype cukup kuat terhadap penerimaan warna merah dan biru pada kemasan rokok produk baru, sehingga kepribadian tidak memiliki pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2015 01:25
Last Modified: 20 Mar 2015 01:25
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/1546

Actions (login required)

View Item View Item