Pengaruh tax avoidance terhadap nilai perusahaan dengan moderasi komite audit (Studi kasus pada perusahaan pertambangan yang terdaftar pada BEI pada periode 2012-2016)

Pratignjo, Liunardi (2018) Pengaruh tax avoidance terhadap nilai perusahaan dengan moderasi komite audit (Studi kasus pada perusahaan pertambangan yang terdaftar pada BEI pada periode 2012-2016). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (A5).pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 (A5).pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2 (A5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3 (A5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4 (A5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5 (A5).pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (A5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy

Abstract

Pajak merupakan sumber pendapatan negara yang terbesar, namun dalam praktik bisnis pengusaha mengidentikkan pembayaran pajak sebagai beban sehingga perusahaan berusaha untuk mengurangi biaya-biaya usaha, termasuk beban pajak guna mengoptimalkan laba. Salah satu upaya untuk mengurangi beban pajak, perusahaan melakukan penghindaran pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruhTax Avoidance terhadap nilai perusahaaan dengan moderasi komite auditpada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2012-2016. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dengan cara mengumpulkan laporan keuangan perusahaan pertambangan pada periode 2012-2016 yang didapat dari situs www.idx.co.id. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2016 sebanyak 43, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 24 perusahaan yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan uji hipotesis pada masing –masing persamaan regresi Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Tax Avoidance memiliki pengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan sektor pertambangan dan variabel interaksi disimpulkan mampu memperlemah hubungan antara tax avoidance terhadap nilai perusahaan. Hasil ini menunjukkan bahwa dengan adanya komite audit akan mampu memperkecil peluang perusahaan untuk melakukan tax avoidance yang bersifat noncompliance ( tidak patuh ) terhadap aturan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tax avoidance, nilai perusahaan, dan moderasi komite audit
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Liunardi Pratignjo
Date Deposited: 08 Aug 2018 02:54
Last Modified: 08 Aug 2018 02:54
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/15473

Actions (login required)

View Item View Item