Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan toko konvensional pada era ekonomi digital

Ciosconara, Ferry (2018) Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan toko konvensional pada era ekonomi digital. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB VI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)

Abstract

Pada zaman ini toko online merupakan sesuatu yang sudah menjamur dan tidak asing lagi bagi masyarakat. Tidak perlu repot ke toko, praktis, beragam pilihan merk dan penjual merupakan keuntungan-keuntungan berbelanja di toko online.Tentu saja hal ini akan berdampak pada toko konvensional dikarenakan akan terjadi persaingan mangsa pasar yang berpotensi mempengaruhi loyalitas pelanggan mereka terhadap toko-toko online yang ada. Banyak keuntungan dan kerugian yang dimiliki oleh toko online juga toko konvensional. Pelanggan terkadang bingung untuk menentukan dimana mereka harus berbelanja sebab barang yang dulu dijual oleh toko-toko konvensional langganan mereka saat ini dijual juga di toko-toko online dengan variasi harga dan promo yang beragam. Hal ini tentu membuat para pemilik toko konvensional memiliki pesaing yang berpotensi untuk membuat pelanggan mereka berpindah untuk berbelanja di toko online. Dengan maraknya toko online, terdapat juga para pelanggan yang tetap loyal pada toko-toko konvensional langganan mereka. Hal ini tentu juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menyebabkan pelanggan tetap loyal berbelanja di toko konvensional dibanding di toko online. Faktor-faktor yang berkaitan dengan loyalitas pelanggan tentu harus diperhatikan oleh para pemilik toko konvensional untuk mempertahankan bahkan menambah loyalitas pelanggan mereka. Loyalitas pelanggan merupakan ukuran yang dapat diandalkan untuk memprediksi pertumbuhan penjualan dan juga loyalitas pelanggan dapat didefinisikan berdasarkan perilaku pembelian yang konsisten. Dengan menggunakan analisa faktor, ada 4 faktor utama yang mempengaruhi loyalitas pelanggan yaitu faktor performa toko,faktor kemudahan yang diberikan toko,faktor rasa aman yang diberikan toko, dan faktor daya tarik toko. Berdasarkan analisis cluster, terbentuk dua cluster responden yaitu cluster yang senang belanja online dan cluster yang tidak senang belanja online. Dengan analisis diskriminan, variabel rata-rata lama akses internet dan kebiasaan mengakses toko online saat akses internet merupakan dua variabel pembeda dari dua cluster tersebut. Tingkat loyalitas pelanggan toko konvensional yang pernah berbelanja online dapat dikategorikan dalam tingkat sedang dikarenakan hanya 25,74% responden yang dikategorikan loyal dan sisanya tergolong agak loyal,sedang, dan tidak loyal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Loyalitas , Pelanggan Toko Konvensional, Toko Online, Cluster, Faktor, Diskriminan
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Feriy C.
Date Deposited: 09 Aug 2018 08:14
Last Modified: 09 Aug 2018 08:14
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/15499

Actions (login required)

View Item View Item