Evaluasi pengakuan pendapatan pada perusahaan konstruksi berdasarkan metode prosentase penyelesaian sesuai PSAK no.23 dan PSAK no.34(Studi kasus pada PT. X)

Setiabudi, Edwin (2018) Evaluasi pengakuan pendapatan pada perusahaan konstruksi berdasarkan metode prosentase penyelesaian sesuai PSAK no.23 dan PSAK no.34(Studi kasus pada PT. X). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. X dimana perusahaan ini merupakan perusahaan konstruksi yang terletak di jalan Prapanca Surabaya. Penelitian ini dilakukan karena pada PT. X ini terdapat masalah dalam pengakuan pendapatan seperti down payment diakui sebagai pendapatan di awal, pengakuan pendapatan pada PT. X ini tidak diakui berdasarkan tanggal berita acara serah terima atau disingkat BAST, dan nilai pendapatan tidak diakui sebesar progress pengerjaan melainkan sebesar progress dikurangi dengan retensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan PSAK No. 23 dan PSAK No. 34 tentang pengakuan pendapatan pada perusahaan konstruksi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melakukan magang, wawancara, dan observasi pada pihak – pihak terakit. Teknik analisis data yang digunakan adalah melakukan wawancara dengan pekerja tetap terkait pengakuan pendapatan, melakukan observasi pada PT. X, dan melakukan analisis serta evaluasi laporan keuangan terkait pengakuan pendapatan sesuai dengan PSAK No. 23 dan PSAK No. 34. Masalah – masalah ini harus diperbaiki karena dapat berpengaruh pada laporan laba rugi perusahaan tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan jurnal penyesuaian audit untuk memperbaiki kesalahan pengakuan pendapatan dan kebijakan pengakuan pendapatan harus disesuaikan. Hasil penelitian ini adalah PT. X ini belum menerapkan PSAK No. 23 dan PSAK No. 34 terkait pengakuan pendapatan pada perusahaan konstruksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Pengakuan pendapatan, metode persentase penyelesaian, dan PSAK no. 23 dan PSAK no. 34
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Edwin Setiabudi
Date Deposited: 07 Aug 2018 08:28
Last Modified: 07 Aug 2018 08:28
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/15665

Actions (login required)

View Item View Item