Language Readability Levels of Reading Passages and Comprehension Levels of Exercises in Scaffolding English Coursebooks.

Listianingsih, Lusiana and Harjanto, Ignatius (2013) Language Readability Levels of Reading Passages and Comprehension Levels of Exercises in Scaffolding English Coursebooks. Anima Indonesia Psychological Journal, 28 (3). pp. 154-162. ISSN 0215-0158 (SK Akreditasi: 81/Dikti/Kep/2011, tgl. 15 Nov. 2011)

[img]
Preview
Text (Language Readability Levels of Reading Passages and Comprehension Levels of Exercises in Scaffolding English Coursebooks.)
4-Language_Readibility_rev.pdf

Download (34MB) | Preview

Abstract

Bacaan dalam buku teks seharusnya mengandung bahasa (kata dan kalimat) yang dapat dimengerti siswa yang menggunakannya. Latihan yang menyertai bacaan juga seharusnya mengembangkan kemampuan siswa untuk memahami bacaan. Penelitian ini mengevaluasi tingkat keterpahaman bahasa dalam bacaan pada buku teks bahasa Inggris Scaffolding oleh siswa, dan seberapa besar latihan yang menyertai bacaan membantu pemahaman bacaan oleh siswa. Hasil evaluasi keterpahaman bahasa dalam bacaan menggunakan formula Flesch-Kincaid dan Fly menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan dalam bacaan di bawah tingkat siswa yang menggunakan buku teks tersebut. Hasil evaluasi latihan bacaan menggunakan Taksonomi Barrett menunjukkan bahwa sebagian besar latihan mengembangkan pemahaman literal dan reorganisasi, dengan sebagian kecil latihan mengembangkan pemahaman inferensial dan evaluasi.

Item Type: Article
Additional Information: SK Akreditasi: 81/Dikti/Kep/2011, tgl. 15 Nov. 2011
Uncontrolled Keywords: Tingkat keterpahaman bahasa, pemahaman bacaan, bacaan, latihan
Subjects: English Education
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 09 Aug 2018 08:09
Last Modified: 21 Aug 2018 07:00
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/15760

Actions (login required)

View Item View Item