Pengaruh penambahan ekstrak kayu secang (Caesalpinia sappan L.) terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik permen jeli stroberi

Florence, Laurensia (2018) Pengaruh penambahan ekstrak kayu secang (Caesalpinia sappan L.) terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik permen jeli stroberi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (469kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Permen jeli adalah permen bertekstur lunak yang diproses dengan penambahan komponen hidrokoloid. Stroberi adalah produk hortikultura yang mempunyai rasa dan aroma yang khas. Stroberi memiliki banyak zat gizi dan senyawa antioksidan yang berguna bagi kesehatan tubuh sehingga stroberi berpotensi dijadikan bahan baku permen jeli. Kayu secang (Caesalpinia sappan L.) adalah salah satu jenis tanaman rempah-rempah dari famili Caesalpiniaceae yang berpotensi untuk dijadikan bahan tambahan dalam pengolahan permen jeli. Kayu secang memiliki aktivitas antioksidan 92,48% dan dapat memberikan warna merah sehingga dapat digunakan sebagai pewarna alami pada permen jeli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak kayu secang terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik permen jeli stroberi. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok dengan 7 level konsentrasi kayu secang yaitu 0%, 3,5%, 7%, 10,5%, 14%, 17,5%, dan 21%. Parameter yang diamati adalah aktivitas air (Aw), tekstur, warna, aktivitas antioksidan dan sifat organoleptik. Hasil pengujian akan dianalisis dengan ANOVA (Analysis of Variance) pada α = 5% untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh akibat perlakuan. Bila terdapat pengaruh, maka dilanjutkan dengan uji DMRT (Duncan’s Multiple Range Test) pada α = 5%. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penambahan kayu secang terhadap sifat fisikokimia dan sifat organoleptik, namun tidak berpengaruh terhadap cohesiveness permen jeli stroberi. Perlakuan terbaik yang dihitung dari luas area spider web berdasarkan tingkat kesukaan panelis adalah permen jeli stroberi dengan konsentrasi ekstrak kayu secang 10,5% dengan aktivitas air 0,862, hardness 4423,067 g, adhesiveness -371,938 g.detik, cohesiveness 0,765, gumminess 3513,008, lightness 37,3, 0hue 18,9, chroma 3,0, dan warnanya merah, aktivitas antioksidan 74,51% dan tingkat kesukaan panelis dari parameter warna 5,51 (agak suka), tekstur 4,98 (netral), dan rasa 4,47 (netral).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kayu secang,stroberi, permen jeli, antioksidan
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Laurensia Florance
Date Deposited: 15 Aug 2018 10:29
Last Modified: 15 Aug 2018 10:29
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/15900

Actions (login required)

View Item View Item