Hubungan kepemilikan institusional, hutang, dividen dan kinerja perusahaan dalam menjelaskan mekanisme konflik keagenan: studi pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia

Cabral, Mateus Xavier Da Costa (2018) Hubungan kepemilikan institusional, hutang, dividen dan kinerja perusahaan dalam menjelaskan mekanisme konflik keagenan: studi pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. PhD thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Hal. Depan Disertasi 13 Agustus 2018_revisi1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)

Abstract

Perusahaan yang sudah go public, pada umumnya telah dikelola secara profesional yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan konsumen pada peraturan yang berlaku. Dalam pengelolaan suatu badang usaha perusahaan akan melibatkan suatu hubungan keagenan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji: a) hubungan timbal balik antara kepemilikan institusional, kebijakan hutang, kebijakan dividen dan kinerja perusahaan dalam menjelaskan mekanisme konflik keagenan pada perusahaan manufaktur yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia, b) pengaruh kepemilikan institusional, kebijakan hutang, kebijakan dividen terhadap kinerja perusahaan dalam menjelaskan mekanisme konflik keagenan pada perusahaan manufaktur yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian ini termasuk penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 perusahaan manufaktur yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia dari periode 2006–2015 dengan teknik penentuan sampel yaitu purposive sampling. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Granger Causality. Hasil penelitian ini adalah : a) kepemilikan institusional berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja perusahaan, b) kebijakan hutang berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja perusahaan, c) kebijakan dividen berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja perusahaan. d) tidak ada hubungan timbal balik antara kepemilikan institusional dengan kebijakan hutang, e) tidak ada hubungan timbal balik antara kepemilikan institusional dengan kebijakan dividen, dan f) tidak ada hubungan timbal balik antara kebijakan hutang dengan kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Item Type: Thesis (PhD)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan institusional, kebijakan hutang, kebijakan dividen, kinerja perusahaan
Subjects: Business > Management
Divisions: Graduate School > Doctoral Program in Management Science
Depositing User: Mateus Xavier Da Costa C.
Date Deposited: 28 Aug 2018 06:32
Last Modified: 28 Aug 2018 06:32
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/15950

Actions (login required)

View Item View Item