Uji efek antipiretik patch ekstrak etanol bawang merah (Allium ascalonicum L.) dengan matriks CMC-Na dan enhancer span 80 terhadap temperatur tikus putih

Soepono, Jeny Melansari (2018) Uji efek antipiretik patch ekstrak etanol bawang merah (Allium ascalonicum L.) dengan matriks CMC-Na dan enhancer span 80 terhadap temperatur tikus putih. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (566kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ekstrak etanol bawang merah (Allium ascalonicum L.) memiliki kegunaan sebagai antipiretik dan untuk mengembangkan formulasi ekstrak etanol bawang merah, maka dibuat dalam bentuk sediaan patch transdermal. Pada formulasi ini ditambahkan span 80 sebagai enhancer yang berfungsi untuk meningkatkan penetrasi bahan aktif ke dalam kulit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efek antipiretik ekstrak etanol bawang merah terhadap temperatur tubuh tikus putih yang diinduksi vaksin DPT dan menganalisis efektivitas dari enhancer span 80 dalam sediaan patch ekstrak etanol bawang merah. Pengujian efek antipiretik patch ekstrak etanol bawang merah menggunakan tikus putih jantan galur Wistar dengan usia 2 – 3 bulan, dengan berat badan berkisar 150 – 200 gram, sebanyak 20 ekor yang dibagi dalam 4 kelompok. Semua tikus dibuat demam dengan diinduksi vaksin DPT 0,1 ml secara intraperitoneal. Kelompok kontrol positif diberi parasetamol secara per oral, kelompok kontrol negatif diberikan patch tanpa ekstrak etanol bawang merah, kelompok formula 1 (patch ekstrak etanol bawang merah tanpa enhancer), dan kelompok formula 2 (patch ekstrak etanol bawang merah dengan enhancer). Uji efek antipiretik dilakukan selama 6 jam dengan mengukur temperatur tubuh tikus setiap 15-30 menit. Hasil data dianalisis menggunakan uji one way ANOVA dan dilanjutkan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa patch ekstrak etanol bawang merah dapat menurunkan temperatur tubuh tikus putih yang diinduksi vaksin DPT dan span 80 memiliki efektivitas sebagai enhancer pada patch ekstrak etanol bawang merah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: ekstrak etanol bawang merah, Allium ascalonicum L., enhancer span 80, antipiretik.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Jeny Melansari Soepono
Date Deposited: 27 Aug 2018 12:40
Last Modified: 27 Aug 2018 12:40
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16024

Actions (login required)

View Item View Item