Optimasi tablet salut film ekstrak kulit buah delima putih (Punica granatum L.) menggunakan PVP K-30 sebagai pengikat dan Ac-Di-Sol sebagai penghancur

Luciana, Titta (2018) Optimasi tablet salut film ekstrak kulit buah delima putih (Punica granatum L.) menggunakan PVP K-30 sebagai pengikat dan Ac-Di-Sol sebagai penghancur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (606kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ekstrak kulit buah delima putih memiliki bermacam khasiat, salah satunya sebagai antimalaria. Penampilan tablet ekstrak kulit buah delima putih yang kurang menarik dan rasa pahit dan dapat ditutupi dengan penyalutan lapis film menggunakan Kollicoat Protect. Ekstrak diperoleh dari Borobudur Extraction Centre. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi Ac-Di-Sol, konsentrasi PVP K-30, dan interaksinya terhadap mutu fisik tablet inti ekstrak kulit buah delima putih serta mengetahui formula optimumnya. Tablet dibuat dengan menggunakan metode granulasi basah, lalu disalut dengan menggunakan Kollicoat Protect. Optimasi konsentrasi Ac-Di-Sol dan konsentrasi PVP K-30 dilakukan menggunakan desain faktorial dengan software design expert ver 7.0. Respon yang digunakan adalah kekerasan, kerapuhan, dan waktu hancur. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan konsentrasi PVP K-30 meningkatkan kekerasan, memperlama waktu hancur dan menurunkan kerapuhan tablet. Konsentrasi Ac-Di-Sol menurunkan kekerasan, mempercepat waktu hancur dan meningkatkan kerapuhan.Interaksi konsentrasi PVP K-30 dan konsentrasi Ac-Di-Sol mempercepat waktu hancur, menurunkan kerapuhan dan meningkatkan kekerasan. Formula optimum yang diperoleh adalah PVP K-30 0,695% dan Ac-Di-Sol 4,77% yang memberikan hasil yaitu kekerasan 6,89 kp; kerapuhan 0,26% dan waktu hancur 16,85 menit. Tablet salut film yang menghasilkan pertambahan bobot 2,35%, kekerasan 7,46 kp; kerapuhan 0,16% dan waktu hancur 17,56 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Ekstrak kulit buah delima putih, konsentrasi Ac-Di-Sol, konsentrasi PVP K-30, tablet salut film.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Titta Luciana
Date Deposited: 27 Aug 2018 02:26
Last Modified: 08 Aug 2019 03:04
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16077

Actions (login required)

View Item View Item