Perilaku konsumsi jamu Indonesia dalam theory Of planned behavior

Lasmono, Sandi Lenandi Soetrisno (2018) Perilaku konsumsi jamu Indonesia dalam theory Of planned behavior. PhD thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACK.pdf

Download (623kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengkonstruksi sikap, norma-norma subyektif dan kesetiaan konsumen dalam perilaku konsumen jamu Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigm interpretif dan menggunakan metode fenomenologi. Theory of planned behavior dan dimensi budaya digunakan sebagai alat untuk menganalisis data penelitian. Sikap konsumen terhadap jamu tradisional Indonesia terbentuk dari kebiasaan yang diturunkan dari generasi ke generasi, budaya yang melekat pada konsep diri konsumen dan karakteristik produk yang terdiri atas desain produk, komposisi produk dan keamanan menkonsumsi produk tersebut. Nilai-nilai yang melekat pada sebuah kebudayaan memainkan peran penting dalam pembentukan sikap konsumen. Bagi konsumen jamu tradisional Indonesia, norma subjektif sangat berpengaruh terhadap pembentukan perilaku. Orang tua dan kolega menjadi individu yang mengenalkan jamu tradisional Indonesia melalui pemberian informasi/pengetahuan dan saran yang berkaitan dengan perilaku menkonsumsi jamu tradisional Indonesia. Pengetahuan orang tua mengenai khasiat-khasiat jamu tradisional Indonesia berperan penting dalam pemahaman generasi penerusnya terhadap jamu tradisional Indonesia. Evaluasi positif mengenai jamu tradisional Indonesia dipengaruhi oleh positif disconfirmation yaitu perasaan puas terhadap sebuah perilaku yang telah dilakukannya dan kualitas produk dari jamu tradisional Indonesia yang memberikan khasiat terhadap konsumen. Perasaan puas disebabkan oleh terpenuhinya harapan-harapan dari konsumen setelah rutin menkonsumsi jamu tradisional Indonesia.Evaluasi positif terhadap perilaku menkonsumsi jamu menghasilkan kesetiaan konsumen yang ditandai dengan seringnya konsumen menkonsumsi jamu dan preference behavior. Konsep kesetiaan konsumen dibangun dari adanya sikap positif terhadap perilaku menkonsumsi jamu, norma subjektif yang memberikan keyakinan atas perilaku dan kepuasan terhadap penggunaan produk jamu. Preferensi konsumen jamu tradisional Indonesia terbentuk sejak dini dan terus dibawa dalam perilakunya hingga dewasa. Hasil dari penelitian perilaku konsumen jamu Indonesia juga membagi konsumen menjadi tiga tipe yaitu (1) consumer ethnocentricity yaitu perilaku menkonsumsi jamu berdasarkan pada nilai-nilai dari budaya yang melekat pada pribadi konsumen, (2) consumer aculturation yaitu perilaku menkonsumsi jamu disebabkan adanya peluang untuk mempelajari budaya baru dan (3) consumer vicarious yaitu perilaku menkonsumsi berdasarkan pembelajaran sosial dari lingkungan terdekat konsumen seperti dari orang tua maupun kolega.

Item Type: Thesis (PhD)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Graduate School Doctoral Program in Management Science" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen, Fenomenologi, Jamu Indonesia.
Subjects: Business > Strategic Management
Divisions: Graduate School > Doctoral Program in Management Science
Depositing User: Sandi Lenandi Soetrisno
Date Deposited: 07 Sep 2018 03:32
Last Modified: 07 Sep 2018 03:32
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16248

Actions (login required)

View Item View Item