Key performance indicators dalam balanced scorecard sebagai alat penerapan strategi perusahaan (Studi kasus pada PT. Bank ANDA)

Sukmadilaga, Dina Putri (2015) Key performance indicators dalam balanced scorecard sebagai alat penerapan strategi perusahaan (Studi kasus pada PT. Bank ANDA). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (13kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)

Abstract

Dalam menghadapi persaingan dalam era globalisasi, dibutuhkan sebuah strategi bersaing. Dalam penerapan strategi tersebut sering mengalami hambatan, sehingga perlu diterapkan BSC untuk menerapkan strategi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Key Performance Indicators (KPI) dalam Balanced Scorecard (BSC) sebagai alat penerapan strategi pada PT. Bank ANDA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang berisi gambaran umum perusahaan dan data kuantitatif yang berupa laporan keuangan perusahaan. Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh langsung dari pihak terkait dan data sekunder yang sudah diolah yang diperoleh dari laporan perusahaan. Alat yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa daftar pertanyaan terkait dengan rumusan masalah penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menganalisa visi, misi, dan strategi perusahaan. Langkah selanjutnya adalah melakukan analisis SWOT, membuat kerangka BSC, menerapkan KPI pada perspektif BSC, dan membuat peta strategi. Hasil penelitian dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi yang dilakukan perusahaan telah berhasil. Dilihat dari KPI pada masing-masing perspektif BSC. Pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan tingkat absensi, rate replacement, dan pelatihan karyawan yang diberikan. Perspektif proses bisnis internal dilihat dari kemampuan perusahaan dalam berinovasi dan jam kerja karyawan pemasaran. Perspektif pelanggan dilihat dari jumlah akuisisi pelanggan dan kepuasan pelanggan. Perspektif keuangan dilihat dari rasio ROA, NOIG, dan PM. Masing-masing perspektif tersebut menunjukkan hasil yang baik pada setiap KPI yang dijadikan sebagai tolok ukur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Balanced scorecard, key performance indicators, alat penerapan strategi
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Sri Kusuma Dewi
Date Deposited: 26 Oct 2018 08:26
Last Modified: 08 Feb 2019 07:29
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/16331

Actions (login required)

View Item View Item