Komunikasi Ibu dan Anak serta tingkat Pendidikan Ibu dalam Memprediksi Kesiapan Bersekolah Anak Taman Kanak-Kanank.

Susilo, Johannes Dicky (2015) Komunikasi Ibu dan Anak serta tingkat Pendidikan Ibu dalam Memprediksi Kesiapan Bersekolah Anak Taman Kanak-Kanank. In: Prosiding Seminar Nasional Psikologi Educational WellBeing, 20 Agustus 2015, Kudus, Jawa Tengah, ISBN: 978-602-1180-20-4.

[thumbnail of Komunikasi Ibu dan Anak serta tingkat Pendidikan Ibu dalam Memprediksi Kesiapan Bersekolah Anak Taman Kanak-Kanank_peer_review]
Preview
Text (Komunikasi Ibu dan Anak serta tingkat Pendidikan Ibu dalam Memprediksi Kesiapan Bersekolah Anak Taman Kanak-Kanank_peer_review)
4-R1&2_Komunikasi_Ibu_dan_Anak_.pdf

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of Komunikasi Ibu dan Anak serta tingkat Pendidikan Ibu dalam Memprediksi Kesiapan Bersekolah Anak Taman Kanak-Kanank.]
Preview
Text (Komunikasi Ibu dan Anak serta tingkat Pendidikan Ibu dalam Memprediksi Kesiapan Bersekolah Anak Taman Kanak-Kanank.)
4-p-Komunikasi_ibu_hasil_cek_similarity_.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Komunikasi Ibu dan Anak serta tingkat Pendidikan Ibu dalam Memprediksi Kesiapan Bersekolah Anak Taman Kanak-Kanank.]
Preview
Text (Komunikasi Ibu dan Anak serta tingkat Pendidikan Ibu dalam Memprediksi Kesiapan Bersekolah Anak Taman Kanak-Kanank.)
4p-Komunikasi_ibu_+kulit.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kesiapan bersekolah sangat dibutuhkan bagi seorang anak untuk memasuki pendidikan dasar. Kurangnya kesiapan bersekolah dapat mengakibatkan anak kesulitan berdaptasi dengan lingkungan sekolah. Orangtua sebagai lingkungan terdekat dan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesiapan bersekolah anak memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan kesiapan bersekolah anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah komunikasi ibu dengan anak dan tingkat pendidikan ibu mempengaruhi kesiapan bersekolah dari 100 anak TK. Metode yang digunakan adalah metode survey dan alat ukur yang digunakan adalah Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST), skala komunikasi orangtua dan anak. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan: (1) komunikasi ibu-anak dan tingkat pendidikan ibu dapat menjadi prediktor bagi kesiapan bersekolah anak dengan sumbangan efektif sebesar 37%; (2) pengaruh komunikasi ibu-anak terhadap kesiapan bersekolah anak lebih tinggi dibanding tingkat pendidikan ibu terhadap kesiapan bersekolah anak.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: ISBN: 978-602-1180-20-4
Uncontrolled Keywords: kesiapan bersekolah, komunikasi, dan tingkat pendidikan.
Subjects: Psychology
Divisions: Proceeding
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 26 Oct 2018 09:25
Last Modified: 13 Dec 2018 06:52
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16334

Actions (login required)

View Item View Item