Tingkat kepatuhan pengungkapan wajib laporan tahunan konvergensi IFRS pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2013

Jayanti, Meilissa (2015) Tingkat kepatuhan pengungkapan wajib laporan tahunan konvergensi IFRS pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2013. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kian meningkat dan ditunjang dengan banyaknya perusahaan-perusahaan yang berdiri di Indonesia menyebabkan setiap perusahaan bersaing dengan yang lainnya. Laporan tahunan dengan informasi yang berguna dan sesuai dengan standar akan dapat menarik investor untuk menanamkan dananya pada perusahaan. Sejak tahun 2006 Indonesia mulai mengubah poros Standar Akuntansi Keuangan dari Amerika menjadi Internasional. Masih banyak perusahaan yang belum mengungkapkan beberapa items yang diwajibkan dalam laporan tahunannya sehingga memberikan informasi yang tidak lengkap bagi pengguna laporan tersebut. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepatuhan pengungkapan wajib dalam konvergensi IFRS pada perusahaan perbankan yang terdaftardi BEI tahun 2012-2013. Desain penelitian adalah penelitian eksploratori kualitatif. Sumber data diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia berupa data sekunder. Objek penelitian adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI. Jenis data adalah kuantitatif dan kualitatif berupa laporan tahunan. Teknik analisis data dengan cara mencocokkan laporan tahunan dengan checklist pengungkapan dari Deloitte, setelah itu dihitung persentase tingkat kepatuhan pengungkapan wajibnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan pengungkapan wajib konvergensi IFRS sebesar 84,04178%. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI belum melakukan pengungkapan secara penuh sesuai dengan yang diwajibkan oleh OJK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tingkat kepatuhan pengungkapan wajib, konvergensi IFRS.
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Sri Kusuma Dewi
Date Deposited: 01 Nov 2018 08:11
Last Modified: 08 Feb 2019 07:00
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/16344

Actions (login required)

View Item View Item