Jenis-jenis kesalahan siswa dan analisis soal dalam mengerjakan soal ulangan umum fisika kelas II Cawu III di SMUK St. Louis I Surabaya

Lestari, Johana Theresia Maria Diah (2002) Jenis-jenis kesalahan siswa dan analisis soal dalam mengerjakan soal ulangan umum fisika kelas II Cawu III di SMUK St. Louis I Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)

Abstract

Siswa sering melakukan kesalahan dalam mata pelajaran fisika. Untuk mengukur kesalahan ini diperlukan suatu alat evaluasi. Alat evaluasi dapat berupa tes hasil belajar sumatif atau tes ulangan umum buatan guru atau tim guru. Ketika menjawab tes ini siswa bisa melakukan banyak kesalahan. Butir soal tes buatan guru biasanya tidak melalui uji coba. Penelitian ini bertujuan menemukan jenis-jenis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal ulangan umum Fisika kelas II buatan guru di SMUK St.Louis I Surabaya tahun ajaran 200l-2002 dan mencari upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki. Jenis-Jenis kesalahan tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalalah metode tes, yaitu metode tes ulangan umum fisika kelas II cawu III di SMUK St.Louis I Surabaya. Metode statistika yang digunakan adalah uji chi squares (soal subyektif) dan analisis butir soal meliputi validitas item, taraf kesukaran, daya pembeda, dan validitas isi (soal obyektif) . Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan tidak hafal rumus dan kesalahan menentukan yang diketahui; sedangkan untuk tes obyektif dapat disimpulkan bahwa tes buatan guru ini valid, memiliki taraf kesukaran sedang, daya pembedanya cukup dan distraktomya baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan, siswa, analisa, item, soal, sumatif, cawu, evaluasi
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: EK Lengkonosari PN
Date Deposited: 09 Jan 2019 08:45
Last Modified: 09 Jan 2019 08:45
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/16374

Actions (login required)

View Item View Item