Penerapan pendekatan pembelajaran konstekstual dalam proses pembelajaran fisika kela I Cawu I pada pokok bahasan dinamika gerak lurus di SMU Seminari St. Yoh. Berckhmans Toda-Belu tahun ajaran 2002/2003

Bate, Skolastika Rimo (2003) Penerapan pendekatan pembelajaran konstekstual dalam proses pembelajaran fisika kela I Cawu I pada pokok bahasan dinamika gerak lurus di SMU Seminari St. Yoh. Berckhmans Toda-Belu tahun ajaran 2002/2003. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)

Abstract

Dalam Pembelajaran fisika guru dituntut untuk membuat pelajaran fisika menarik bagi siswa. Dengan tujuan jika siswa tertarik, maka siswa akan belajar lebih giat lagi, dan materi pelajaran yang diajarkan oleh guru akan lebih bermakna bagi siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, ditawarkan berbagai metode dan pendekatan pembelajaran inovatif. Salah satu diantaranya adalah pendekatan pembelajaran kontekstual atau contextual teaching and learning (CTL), yaitu pendekatan pembelajaran yang mengkaitkan isi materi pelajaran dengan pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa model pengajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip CTL, salah satu diantaranya adalah model pengajaran berbasis masalah atau problem based instruction ( PBI). Dengan asumsi bahwa materi pelajaran atau informasi yang diterima oleh siswa, harus bermakna dan berguna bagi siswa, tidak sebatas menghafal saja, sehingga siswa benar-benar menjadikan informasi itu miliknya sendiri. Berdasarkan asumsi tersebut, tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual lebih meningkatkan hasil belajar siswa daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional (metode ceramah). Dari data yang diperoleh dengan menggunakan metode tes kemudian dihitung dengan uji t dua rata-rata, diperoleh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode CTL lebih tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa: penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan model PBI dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan dinamika gerak lurus, lebih meningkatkan hasil belajar siswa daripada menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: EK Lengkonosari PN
Date Deposited: 18 Jan 2019 09:15
Last Modified: 18 Jan 2019 09:15
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/16379

Actions (login required)

View Item View Item