Pembuatan media animasi jalannya sinar pada cermin lensa dalam optika geometri tingkat sekolah menengah atas melalui program turbo pascal sebagai sarana pengayaan

Pranotodiharjo, Dian Yenita (2004) Pembuatan media animasi jalannya sinar pada cermin lensa dalam optika geometri tingkat sekolah menengah atas melalui program turbo pascal sebagai sarana pengayaan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)

Abstract

Pelajaran fisika termasuk salah satu pelajaran yang dianggap sulit oleh kebanyakan siswa. Dalam beberapa pokok bahasan, kesulitan timbul karena materi bahasan sulit divisualisasikan. Pada penjelasan mengenai jalannya sinar misalnya, kesulitan muncul pada penjelasan tentang pembentukan bayangan suatu benda oleh cermin maupun lensa. Jika konsep siswa tentang jalannya sinar istimewa salah, maka selanjutnya akan timbul banyak kesalahan dalam penyelesaian soal. Untuk mengurangi kesulitan ini maka dibutuhkan media yang mampu menggambarkan jalannya sinar dengan tepat. Media yang mampu menggambarkan gerakan sinar-sinar istimewa adalah komputer dengan suatu program animasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat program animasi Turbo Pascal yang dapat memperlihatkan jalannya sinar pada optika geometri. Program ini digunakan sebagai sarana pengayaan bagi siswa. Metode yang digunakan adalah metode pembuatan program. Hasil penelitian berupa program gerakan jalannya sinar pada cermin dan lensa. Setelah diujicoba pada SMA Hang Tuah, hasilnya menunjukkan bahwa media animasi tersebut dapat digunakan sebagai sarana pengayaan hanya saja pada program cermin ada siswa yang tidak begitu tertarik dan ada juga siswa yang kurang dapat memahami program tersebut dalam waktu yang relatif singkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Cermin, lensa, animasi, Turbo Pascal, pengayaan
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: EK Lengkonosari PN
Date Deposited: 09 Jan 2019 09:15
Last Modified: 09 Jan 2019 09:15
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/16390

Actions (login required)

View Item View Item