Pelaksanaan standar pelayanan kefarmasian menurut PERMENKES nomor 35 tahun 2016 di Apotek jaringan Surabaya Barat

Pieter, Ira Diana (2018) Pelaksanaan standar pelayanan kefarmasian menurut PERMENKES nomor 35 tahun 2016 di Apotek jaringan Surabaya Barat. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABsTRAK (1).pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy

Abstract

Standar pelayanan kefarmasian adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman bagi tenaga kefarmasian dalam menyelenggarakan pelayanan kefarmasian. Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara pelayanan kefarmasian di apotek jaringan di Surabaya Barat dengan peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 35 tahun 2016 tentang pelaksanaan standar pelayanan kefarmasian di apotek. Penelitian ini merupakan penelitian observasional non analitik dengan pengambilan sampel secara menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada Apoteker Pengelola Apotek (APA). Data yang diteliti dibagi menjadi 3 aspek, yakni aspek pengelolaan sediaan farmasi, aspek pelayanan farmasi klinik, dan aspek sumber daya kefarmasian. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juni 2017- juli 2018 di 13 apotek jaringan di Surabaya Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan kefarmasian di apotek jaringan Surabaya Barat sudah memenuhi standar pelayanan kefarmasian di apotek dengan persentase rata-rata dan kriteria untuk masing-masing aspek secara berurutan diperoleh 90,4% (sangat baik), 88,91% (baik), dan 80,01% (baik).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Standar pelayanan kefarmasian, apotek jaringan, APA, Surabaya Barat.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 6130 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2019 03:33
Last Modified: 11 Jan 2019 03:34
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/16531

Actions (login required)

View Item View Item