Dessyderata, Maria Nanoe (2018) Studi deskriptif kuantitatif keterlibatan orangtua dalam pendidikan pada siswa Sekolah Dasar Tri Bhakti. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (153kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak dibutuhkan untuk menunjang proses belajar anak selama di sekolah. Dari hasil wawancara dengan orangtua dan guru di Sekolah Dasar Tri Bhakti dinyatakan bahwa keterlibatan orangtua sangatlah penting.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran secara deskriptif kuantitatif tentang keterlibatan orangtua dalam pendidikan pada siswa Sekolah Dasar Tri Bhakti. Keterlibatan orangtua terdiri atas enam aspek yaitu pengasuhan orangtua (parenting), komunikasi (communicating), sukarelawan (volunteering), pembelajaran di rumah (learning at home), membuat keputusan (decision making) dan bekerjasama dengan masyarakat (collaboration with community). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Subjek penelitian (N=45) adalah orangtua siswa kelas IV-VI Sekolah Dasar Tri Bhakti. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan pengumpulan data dengan menggunakan skala likert modifikasi yang dibuat oleh peneliti sendiri. Kesimpulan dari penelitian ini, keterlibatan orangtua dalam pendidikan siswa di Sekolah Dasar Tri Bhakti tergolong sedang. Aspek yang paling dominan dan memiliki persentase tertinggi adalah aspek membuat keputusan (44%). Hal ini diartikan peneliti bahwa orangtua ikut terlibat dengan cukup baik dalam pendidikan dengan membantu anak untuk membuat keputusan atau menentukan pilihan terkait kegiatan yang diikuti di sekolah demi kemajuan belajar anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Keterlibatan orangtua, Siswa Sekolah Dasar |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Users 6249 not found. |
Date Deposited: | 14 Jan 2019 05:21 |
Last Modified: | 14 Jan 2019 05:21 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16608 |
Actions (login required)
View Item |