Laporan kerja praktek PT. Aneka Gas Industri Sidoarjo 1 Agustus - 31 Agustus

Melawati, Andrean Shely and Pandanga, Intan Christiani Kareri (2018) Laporan kerja praktek PT. Aneka Gas Industri Sidoarjo 1 Agustus - 31 Agustus. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (818kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[thumbnail of BAB 8] Text (BAB 8)
BAB 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of BAB 9]
Preview
Text (BAB 9)
BAB 9.pdf

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)

Abstract

PT. Aneka Gas Industri (AGI) Sidoarjo merupakan salah satu anak perusahaan dari PT. Samator Group. PT. AGI Sidoarjo memproduksi N2O cair, pembuatan produk tersebut berbahan baku Ammonium Nitrate (NH4NO3) ditambah katalis Ammonium Phosphat [(NH4)2HPO4] dan air. Dalam menjalankan produksi, PT. AGI Sidoarjo sangat memperhatikan keselamatan kerja antara lain dengan adanya kebijakan HSE (Health, Safety, and Environment). Produk yang dihasilkan oleh PT. AGI Sidoarjo dipasarkan baik secara langsung maupun tidak langsung ke konsumen. Proses pembuatan N2O cair dengan cara memasukkan semua bahan baku kedalam melter, pelelehan dikontrol dengan menggunakan panas. Cairan didalam melter terdekomposisi didalam reaktor menjadi nitrous oxide dan uap air. Prosesnya adalah uap air diembunkan dalam kondensor dengan pendinginan air lawan arah, aliran gas kemudian menuju ke beberapa tahap pemurnian kimia dalam satu seri yang terdiri dari lima menara penyerapan. Setiap menara diisi Rasching Rings. Pemurnian dalam menara dilakukan dengan mencuci gas menggunakan larutan kimia yang disirkulasi oleh pompa-pompa. Gas yang sudah dimurnikan kemudian ditampung dalam gas holder. Keluar gas holder ini masuk compresor N2O tiga stage yang dilengkapi dengan inter dan after cooler. Compresor menekan gas hingga tekanan akhir 50 atm. Kemudian masuk kedalam moisture separator yang mempunyai efisiensi tinggi lalu dimasukkan ke menara pengering dengan tekan tinggi. Regenerasi dari pengering dilakukan secara paralel tanpa menggangu proses produksi. Gas kering kemudian dicairkan dengan pendingin air dalam Heat Exchanger lalu disimpan dalam reservoir tekanan tinggi. Resevoir ini melayani filling station yang dilengkapi peralatan untuk pem-vacumman, gas ini diekspansi kedalam storange tank tekanan rendah yang mempunyai volume rendah. Utilitas yang digunakan berupa penyediaan air, listrik dan refrigerant. Untuk menjaga kualitas dari produk yang dihasilkan, maka di PT. AGI Sidoarjo terdapat bagian Quality Control. Produksi N2O cair yang dihasilkan sebanyak 25 kg/jam dengan kemurnian 99,5%. Tugas khusus yang diberikan adalah cara pengolahan limbah yang dihasilkan dari tower pemurnian 1 hingga 5 agar dapat dibuang dengan waktu yang lebih cepat. Limbah tersebut diolah dengan cara menambahkan air untuk pengenceran adalah alternatif yang digunakan untuk mempercepat proses pengenceran. Pengenceran di pabrik berlangsung lama dikarenakan harus menunggu air dari tower 1 dan tower 5. Agar proses dapat berlangsung dengan cepat perlu adanya penambahan air dari cooling water tanpa harus menunggu air dari tower 1 dan 5. Namun hal ini meskipun pH netral belum menjamin bahwa limbah sudah aman terhadap lingkungan, oleh karena itu perlu dilakukan pengukuran BOD dan COD limbah tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined]
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Andrean Shelly
Date Deposited: 22 Feb 2019 06:00
Last Modified: 22 Feb 2019 06:00
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16651

Actions (login required)

View Item View Item