Formulasi sediaan sabun transparan ekstrak kering daun teh hijau (Camellia sinensis L. var. assamica)

Nuraini, Muftiah (2018) Formulasi sediaan sabun transparan ekstrak kering daun teh hijau (Camellia sinensis L. var. assamica). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (804kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (410kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sabun merupakan produk hasil reaksi antara basa alkali dengan lemak dan minyak dari sumber alami. Bahan alam yang dapat diformulasikan dalam sediaan sabun adalah teh hijau. Teh hijau mengandung senyawa fenolik yang berkhasiat sebagai antioksidan. Sabun transparan merupakan jenis sabun yang dapat menghasilkan busa lembut di kulit dan memiliki penampilan berkilau. Karakteristik sediaan sabun yang baik memiliki daya pembersihan tinggi hal ini dapat dipengaruhi oleh komponen bahan yaitu surfaktan. Pada penelitian ini dilsakukan optimasi menggunakan 2 faktor yaitu sodium lauryl ether sulfate dan cocamidopropyl betaine sebagai surfaktan, serta mengetahui pengaruh keduanya. Konsentrasi sodium lauryl ether sulfate yang digunakan yakni (-1) 5% dan (+1) 11% sedangkan cocamidopropyl betaine (-1) 3% dan (+1) 8%. Penelitian ini menggunakan metode factorial design dengan software design expert 7.0.0 Yate’s Treatment (α = 0,05). Respon yang diamati yaitu aksi pembersihan, pembentukan busa dan stabilitas busa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sodium lauryl ether sulfate berpengaruh signifikan dalam meningkatkan aksi pembersihan, pembentukan busa dan stabilitas busa. Cocamidopropyl betaine berpengaruh signifikan dalam meningkatkan aksi pembersihan, pembentukan busa dan stabilitas busa. Hasil pengujian menunjukkan bahwa interaksi keduanya berpengaruh meningkatkan aksi pembersihan, pembentukan busa dan stabilitas busa. Formula optimum pada sabun transparan yang diperoleh dengan design expert yaitu kombinasi sodium lauryl ether sulfate 10,98% dan cocamidopropyl betaine 7,12% dengan perkiraan hasil aksi pembersihan 47,44%, pembentukan busa 6,92 cm dan stabilitas busa 56,16%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Camellia sinensis L. var. assamica, antioksidan, sabun transparan, sodium lauryl ether sulfate, cocamidopropyl betaine.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 6285 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 08:08
Last Modified: 28 Jan 2019 08:08
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16708

Actions (login required)

View Item View Item