Laporan kerja praktek PT. Dunia Kimia Jaya 25 Juni - 24 Agustus 2018

Alexander, . and Gohtama, Andhika Sivaliputera (2019) Laporan kerja praktek PT. Dunia Kimia Jaya 25 Juni - 24 Agustus 2018. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
0. ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
1. BAB 1.pdf

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
2. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
3. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
4. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
5. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
6. BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
7. BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 8] Text (BAB 8)
8. BAB 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 9]
Preview
Text (BAB 9)
9. BAB 9.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

PT. Dunia Kimia Jaya merupakan anak perusahaan PT. Lautan Luas, Tbk. PT. Dunia Kimia Jaya adalah perusahaan hasil gabungan dari 3 perusahaan, yaitu PT. White Oil Nusantara, PT. Metabisulphite Nusantara, dan PT. Dunia Kimia Jaya. Ketiga perusahaan tersebut mengalami merger pada tahun 1 Januari 2017. PT. Dunia Kimia Jaya sudah berdiri sejak tahun 1979 dan memiliki 2 plant yang terletak di Gresik dan Cikarang. Plant Gresik beralamat di Desa Sukomulyo Km. 24 Manyar-Kabupaten Gresik, Jawa Timur. PT. Dunia Kimia Jaya bergerak di bidang produksi bahan kimia seperti sodium metabisulphite (SMBS), solmix (SMB-40), petroleum wax, white oil, petroleum sulfonate, pupuk (formulated plant), dan lain-lain . Secara garis besar, produksi sodium metabisulphite terbagi atas 4 area, yaitu Burning Stove Area, Reactor Area, Dryer Area, dan Waste Water & Waste Gas Treatment Area. Bahan utama yang digunakan dalam produksi sodium metabisulphite adalah sulfur dan natrium karbonat (Na2CO3). Proses produksi sodium metabisulphite diawali dari pembakaran sulfur berbentuk padatan yang kemudian menjadi gas SO2, kemudian dikontakkan dengan sodium karbonat (Na2CO3). Reaksi gas SO2 dengan sodium karbonat akan menghasilkan sodium bisulphite (NaHSO3), sodium bisulphite ini memiliki nama dagang solmix. Kemudian dilakukan pengeringan untuk menghilangkan kadar air, sehingga dihasilkan sodium metabisulphite (Na2S2O5). Dari proses produksi solmix dan sodium metabisulphite, dihasilkan juga limbah berupa gypsum dan gas SO2. PT. Dunia Kimia Jaya juga melakukan proses pengendalian kualitas untuk bahan baku dan produk jadi untuk memastikan produk yang sampai ke konsumen telah memenuhi standard yang ada dan sebagai media pengamatan efisiensi pada proses produksi. Pada bagian Waste Water & Waste Gas Treatment (WWT), SO2 yang tersisa dinetralisasi oleh scrubber menggunakan larutan kapur supaya tidak mencemari udara sekitar. Dari scrubber menghasilkan limbah berupa gypsum yang tidak dapat dijual secara curah sehingga perlu adanya metode lain. Metode lain yang dapat digunakan adalah sistem recycle dan penggunaan Na2CO3. Dari kedua metode ini dihitung bahwa pada metode recycle menghasilkan keuntungan sekitar Rp. 53.818.490 /bulan dan metode pengunaan Na2CO3 sebesar Rp. 48.987.016. Sehingga direkomendasikan menggunakan metode recycle yang memiliki keuntungan paling besar.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined]
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Alexander .
Date Deposited: 22 Feb 2019 05:21
Last Modified: 22 Feb 2019 05:21
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16739

Actions (login required)

View Item View Item