Pengembangan media pembelajaran gerak parabola berbasis komputer untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik

Kurniawan, Lilik (2019) Pengembangan media pembelajaran gerak parabola berbasis komputer untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran berbasis komputer diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga peserta didik dapat berpikir kritis dan mengasah keterampilannya sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad-21. Model penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluation. Pada tahap analisis kebutuhan peserta didik, 96,36% peserta didik menyatakan membutuhkan media pembelajaran komputer untuk memahami konsep fisika. Media pembelajaran yang dikembangkan berisikan materi gerak parabola. Media ini dilengkapi dengan perangkat perencanaan pembelajaran meliputi silabus, RPP, dan RE, ketiganya dikategorikan sangat valid oleh ahli. Media pembelajaran yang dikembangkan berada dalam kategori sangat baik menurut hasil penilaian ahli. Rata-rata penilaian peer reviewer pada tahap uji terbatas mengkategorikan media pembelajaran ini sangat baik. Media pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar aspek pengetahuan 55 peserta didik SMA Katolik Santa Agnes Surabaya. N-Gain yang diperoleh dari pre-test dan post-test sebesar 0,66 dan berada dalam kategori sedang. Keterlaksanaan RPP dikategorikan sangat baik. Peserta didik memberikan respon positif terhadap media pembelajaran dengan kategori sangat baik berdasarkan hasil angket respon peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, media pembelajaran berbasis komputer, gerak parabola, peningkatan hasil belajar.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Lilik Kurniawan
Date Deposited: 06 Feb 2019 06:46
Last Modified: 06 Feb 2019 06:46
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/16834

Actions (login required)

View Item View Item