Hubungan antara persepsi terhadap kualitas pelayanan dengan niat pembelian ulang

Fulbertus, Debora (2003) Hubungan antara persepsi terhadap kualitas pelayanan dengan niat pembelian ulang. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (838kB) | Preview

Abstract

Dalam era globalisasi seperti saat ini, dunia industri berkembang dengan begitu pesatnya. Perkembangan ini tentu saja berpengaruh terhadap kondisi perekonomian di manapun, tidak terkecuali di Indonesia. Hal ini menyebabkan banyak perusahaan yang saling berkompetisi untuk menjadi yang terbaik, salah satunya adalah dengan cara menampilkan kinerja yang terbaik dalam bentuk pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi terhadap kualitas pelayanan yang meliputi kualitas produk, harga, service quality, emotional factor, biaya dan kemudahan, sebagai variabel bebas, dan niat pembelian ulang sebagai variabel tergantung. Persepsi konsumen tentang kualitas pelayanan dapat di defenisikan sebagai penilaian konsumen terhadap pelayanan yang dirasakan, menyangkut ukuran seberapa jauh perbedaan atau kesenjangan antara harapan konsumen mengenai produk atau jasa dengan kenyataan yang diterima dari pihak pengusaha, dan pengertian mengenai niat pembelian ulang adalah, tahap kecenderungan perilaku membeli dari konsumen pada suatu produk barang maupun jasa yang dilakukan secara berulang dalam jangka waktu yang tertentu dan secara aktif menyukai dan mempunyai sikap positif terhadap suatu produk barang atau jasa, didasarkan pada pengalaman pembelian yang telah dilakukan di masa lampau. Pada penelitian ini, teknik pengambilan data menggunakan metode penyebaran angket dan diberikan pada konsumen yang ditemui telah selesai makan dan berbelanja pada rumah makan Warung Nusantara. Pengolahan data dengan komputer dilakukan dengan program Seri Program Statistik, Versi IBM/ IN tahun 1994, edisi Sutrisno Hadi dan Seno Pamardiyanto UGM-Yogyakarta, Indonesia. Dari hasil pengolahan data diperoleh hasil: tidak ada hubungan signifikan antara persepsi terhadap kualitas pelayanan dengan niat pembelian ulang (rxy = 0,023 dengan p = 0,844), yang berarti bahwa hipotesis alternatif ditolak dan hipotesis nihil diterima. Sumbangan efektif kelima variabel bebas terhadap niat pembelian ulang sebesar 8.143% dan sisanya 91.857% dipengaruhi oleh variabel lain. Harga memiliki hubungan yang signifikan dengan niat pembelian ulang, hal ini berarti faktor harga memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian ulang konsumen rumah makan Warung Nusantara. Niat pembelian ulang konsumen rumah makan Warung Nusantara turut dipengaruhi oleh faktor lain yaitu faktor intern yang meliputi beberapa faktor psikologis, tipe-tipe konsumen (hard-core loyal, soji-core loyal, shijiing loyal, dan swithcer) menurut Kotler (1997, 60) dan kepentingan pribadi individu yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen serta faktor ekstem antara lain waktu pengambilan sampel, pengaturan lingkungan fisik rumah makan meliputi waktu pelayanan, ketersediaan akan pendingin ruangan yang memadai, penataan cahaya dalam ruangan, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2015 08:29
Last Modified: 30 Mar 2015 08:29
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/1687

Actions (login required)

View Item View Item