Pengembangan perangkat pembelajaran model discovery learning berbantuan Physics Education And Technology (PhET) pada pokok bahasan teori kinetik gas untuk melatih keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Hang Tuah 1 Surabaya kelas XI MIA A

Kolifah, Ellysia Nur (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran model discovery learning berbantuan Physics Education And Technology (PhET) pada pokok bahasan teori kinetik gas untuk melatih keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Hang Tuah 1 Surabaya kelas XI MIA A. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan persiapan yang dibuat guru sebelum mengajar, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Dalam penelitian ini, telah dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran model Discovery Learning pada pokok bahasan teori kinetik gas untuk melatih keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Ajar (BA), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), jawaban LKPD, dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat pembelajaran ini diujicobakan pada peserta didik SMA Hang Tuah 1 Surabaya kelas XI MIA A sebanyak 31 peserta didik. Hasil dari validasi perangkat pembelajaran telah memenuhi syarat kevalidan dengan katergori “sangat valid” untuk silabus, RPP, dengan kategori “valid” untuk Buku Ajar dan RE. Penelitian yang dilakukan telah memenuhi indikator keberhasilan dengan rincian keterlaksanaan RPP 3,3 dengan kategori “baik”, keterampilan proses sains 3,28 dengan kategori “baik”, peningkatan hasil belajar dengan N-Gain Score 0,63 dengan kategori “sedang”, dan persentase respon peserta didik 85,14% dengan kategori “respon positif”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model Discovery Learning berbantuan PhET pada pokok bahasan teori kinetik gas dapat melatih keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Discovery Learning, Teori Kinetik Gas, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Ellysia Nur Kolifah
Date Deposited: 04 Feb 2019 02:42
Last Modified: 04 Feb 2019 02:42
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/16881

Actions (login required)

View Item View Item