Pengembangan perangkat pembelajaran fisika model kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada pokok bahasan suhu dan kalor untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 07 Surabaya

Salakopa, Hendrikus Marno (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran fisika model kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada pokok bahasan suhu dan kalor untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 07 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe TPS pokok bahasan suhu dan kalor untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMAN 07 Surabaya yang menghasilkan perangkat pembelajaran yang terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Ajar (BA), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Lembar Kerja Guru (LKG) dan Rencana Evaluasi (RE) yang telah melewati uji ahli dan telah diuji cobakan di kelas. Perangkat pembelajaran ini diujicobakan pada 38 peserta didik di SMAN 07 Surabaya kelas XI MIPA 3. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan telah memenuhi syarat kevalidan dengan kategori baik. Dalama penelitian ini perangkat pembelajaran telah dapat diimplementasikan dengan baik. Keterlaksanaan RPP adalah 95,75% menunjukkan proses belajar mengajar terlaksana sangat baik sesuai dengan yang direncanakan. Peningkatan hasil belajar sangat signifikan dengan N-Gain Score 0,77. Persentase respon peserta didik terhadap TPS adalah 68,55% menunjukkaan adanya respon positif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 3 di SMAN 07 Surabaya pada pokok bahasan suhu dan kalor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Suhu dan Kalor, Think Pair Share (TPS)
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Hendrikus Marno Salakopa
Date Deposited: 04 Feb 2019 02:57
Last Modified: 04 Feb 2019 02:57
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/16885

Actions (login required)

View Item View Item