Hubungan antara persepsi terhadap efektivitas komunikasi organisasi dengan stres kerja pada karyawan Mandarin Oriental Surabaya yang berkepribadian tipe A

Intan Purnamasari S, . (2003) Hubungan antara persepsi terhadap efektivitas komunikasi organisasi dengan stres kerja pada karyawan Mandarin Oriental Surabaya yang berkepribadian tipe A. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (591kB) | Preview

Abstract

Komunikasi yang efektif memiliki peranan penting dalam manajemen dan operasionalisasi sebuah organisasi perusahaan. Namun, kadang-kadang komunikasi yang efektif tidak difungsikan sebagaimana mestinya. Kondisi tersebut menyebabkan karyawan memiliki penilaian atau persepsi tertentu terhadap efektivitas komunikasi yang terjadi. Persepsi karyawan yang baik mengenai komunikasi yang terjadi di sebuah perusahaan dapat menimbulkan stres kerja pada karyawan. Karyawan dapat mengalami stres kerja tergantung pada bagaimana karyawan itu menilai stresor yang ada. Tentu saja karakteristik karyawan seperti kepribadian tipe A juga berpengaruh pada munculnya stres kerja. Persepsi terhadap efektivitas komunikasi organisasi berperan sebagai variabel penentu pada timbulnya stres kerja, sedangkan kepribadian tipe A sebagai variabel kendali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi karyawan mengenai efektivitas komunikasi organisasi dengan stres kerja pada karyawan yang memiliki kecenderungan kepribadian tipe A. Subyek yang diperoleh melalui quota sampling adalah karyawan Mandarin Oriental, Hotel Majapahit Surabaya yang meliputi posisi Range in File (R/F), Supevisor (S/SS) dan Department Head B (N = 63). Terdiri atas 39 R/F, 19 S/SS dan 5 Dept Head B. Metode pengumpulan datanya menggunakan angket yaitu angket persepsi terhadap efektivitas komunikasi organisasi, angket stres kerja dan angket kepribadian tipe A. Berdasarkan hasil uji validitas, aitem angket persepsi terhadap efektivitas komunikasi organisasi yang sahih 34 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,9506, angket stres kerja yang sahih 19 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,8865 dan angket kepribadian tipe A yang sahih 18 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0, 8706. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik non parametrik korelasi Kendall's tau_b dan hasil yang diperoleh adalah nilai korelasi sebesar -0,620 dengan p < 0,01. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap efektivitas komunikasi organisasi dengan stres kerja pada karyawan berkepribadian tipe A. Semakin baik persepsi terhadap efektivitas komunikasi organisasi maka semakin rendah tingkat stres kerja pada karyawan yang memiliki kecenderungan kepribadian tipe A. Variabel persepsi terhadap efektivitas komunikasi organisasi memberi sumbangan efektif sebesar 38,4% terhadap variabel stres kerja. Sebagian besar karyawan memiliki persepsi cukup baik mengenai efektivitas komunikasi organisasi yang terjadi di Mandarin Oriental, Hotel Majapahit Surabaya sehingga memperkecil tingkat stres kerja karyawan. Persepsi yang baik mengenai efektivitas komunikasi organisasi mampu meminimalisir tingkat stres kerja pada karyawan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2015 08:31
Last Modified: 30 Mar 2015 08:31
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/1689

Actions (login required)

View Item View Item