Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Pergantian Kantor Akuntan Publik (KAP) secara Sukarela (Kajian Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 17/PMK.01/2008)

Budi, Yosua Setia (2019) Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Pergantian Kantor Akuntan Publik (KAP) secara Sukarela (Kajian Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 17/PMK.01/2008). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy

Abstract

Setiap perusahaan yang menyajikan laporan keuangan harus diaudit oleh auditor dari Kantor Akuntan Publik (KAP) yang independen. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan penilaian meliputi kewajaran tentang hal material dalam laporan keuangan yang disajikan oleh perusahaan apakah sudah sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia. Tetapi perikatan yang lama antara auditor dari KAP dengan perusahaan dapat mengancam independesi auditor. Oleh karena itu diperlukan pergantian auditor dan KAP agar tetap menjaga independensi auditor. Pergantian KAP dapat dilakukan dengan dua macam cara yaitu wajib (mandatory) dan sukarela (voluntary). Penelitian ini berfokus pada pergantian KAP secara sukarela dan faktor-faktor yang diuji yaitu financial distress, rentabilitas, dan reputasi KAP. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris dan menguji pengaruh financial distress, rentabilitas, dan reputasi KAP terhadap pergantian KAP secara sukarela. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2007-2014 dan periode pengamatan selama 2013-2014. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi logistik. Pengujian dilakukan dengan program SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan yang mengalami financial distress tidak membuat perusahaan melakukan pergantian KAP, sedangkan perusahaan yang rentabilitasnya tinggi, dan menggunakan jasa KAP bereputasi akan cenderung melaukan pergantian KAP. Hal ini menunjukkan perusahaan tidak mempertimbangkan financial distress dalam melakukan pergantian KAP secara sukarela. Hal ini juga menunjukkan bahwa perusahaan yang rentabilitasnya tinggi ingin menjaga reputasinya pada para investor, serta hal ini juga menunjukkan bahwa perusahaan yang menggunakan KAP yang bereputasi akan cenderung melakukan pergantian KAP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Financial Distress, Rentabilitas, Reputasi KAP, Pergantian KAP
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6498 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 04:28
Last Modified: 28 Jan 2019 04:28
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/16929

Actions (login required)

View Item View Item