Pengaruh perencanaan pajak, mekanisme tata kelola perusahaan, dan kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan

Wijaya, Wira (2018) Pengaruh perencanaan pajak, mekanisme tata kelola perusahaan, dan kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan didirikan harus memiliki tujuan yang jelas. Ada beberapa tujuan didirikan perusahaan, salah satunya adalah memaksimalkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan adalah pandangan investor terhadap perusahaan yang dapat terlihat dari harga saham yang dibayar oleh investor atau disebut nilai pasar. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah perencanaan pajak, mekanisme tata kelola perusahaan, dan kinerja lingkungan. Variabel perencanaan pajak diukur menggunakan effective tax rate (ETR). Variabel mekanisme tata kelola perusahaan diukur melalui kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, dan komite audit. Variabel kinerja lingkungan diukur menggunakan peringkat warna dalam PROPER. Variabel nilai perusahaan diukur menggunakan price to book value (PBV). Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013 – 2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 175 perusahaan yang telah memenuhi kriteria purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software IBM SPSS Statistic 23. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Perencanaan pajak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. 2) Kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. 3) Dewan komisaris independen berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. 4) Komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. 5) Kinerja lingkungan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Dapat disimpulkan bahwa perencanaan pajak, dewan komisaris independen, dan kinerja lingkungan dapat menjadi faktor untuk meningkatkan nilai perusahaan. Sedangkan kepemilikan institusional dan komite audit belum mampu menjadi faktor yang dapat meningkatkan nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai perusahaan, kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, komite audit, kinerja lingkungan
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6358 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 05:50
Last Modified: 28 Jan 2019 05:50
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/16934

Actions (login required)

View Item View Item