Pengaruh beban pajak terhadap penerapan transfer pricing (pada perusahaan multinasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Malaysia)

Ekawati, Melly (2018) Pengaruh beban pajak terhadap penerapan transfer pricing (pada perusahaan multinasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Malaysia). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (377kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)

Abstract

Dewasa ini tarif pajak di Indonesia belum menciptakan kondisi yang kondusif. Tingginya tarif pajak yang dikenakan menjadi salah satu penyebab rendahnya tingkat dan minat investor untuk berinvestasi. Beban pajak yang tinggi banyak tidak disukai oleh perusahaan-perusahaan multinasional karena merupakan non value added dan non deductible expense, kemudian tarif pajak yang tinggi juga banyak dihindari. Dalam hal ini transfer pricing dipertimbangkan sebagai salah satu alat alternatif untuk meminimalkan beban pajak dan digunakan sebagai alat pemenuhan kepentingan perusahaan. Salah satu kepentingan tersebut adalah memperoleh laba yang maksimal. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan bahwa beban pajak berpengaruh terhadap keputusan penerapan transfer pricing pada perusahaan multinasional. Variabel independen yang digunakan adalah beban pajak, variabel dependen yang digunakan adalah transfer pricing, dan variabel kontrol yang digunakan adalah ukuran perusahaan. Sampel penelitian yang digunakan adalah seluruh perusahaan multinasional di Indonesia dan Malaysia yang dipilih dengan metode purposive sampling. Penelitian ini memperoleh data melalui laporan keuangan perusahaan dan diolah menggunakan regresi logistik. Penelitian ini memiliki hasil bahwa beban pajak berpengaruh positif terhadap penerapan transfer pricing. Hal tersebut menunjukan bahwa semakin besar beban pajak yang dibayar oleh perusahaan, maka semakin besar kemungkinan perusahaan untuk menggunakan transfer pricing sebagai alat untuk meminimalkan beban pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Beban pajak, transfer pricing, ukuran perusahaan, perusahaan multinasional, Malaysia
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6536 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2019 06:33
Last Modified: 29 Jan 2019 06:33
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/16964

Available Versions of this Item

  • Pengaruh beban pajak terhadap penerapan transfer pricing (pada perusahaan multinasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Malaysia). (deposited 29 Jan 2019 06:33) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item