Analisis faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan dalam pembelian di toko konvensional atau on-line

Wibowo, Valentino Aditya (2019) Analisis faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan dalam pembelian di toko konvensional atau on-line. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 6)
Bab VI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan bisnis e-commerce di Indonesia sendiri sangatlah cepat. Munculnya berbagai platform belanja online di Indonesia menjadi salah satu contoh perjalanan perkembangan bisnis e-commerce. Produk elektronik masuk kedalam 10 kategori barang yang paling populer dibeli secara online menurut Financial Times tahun 2017. Ketertarikan pelanggan untuk membeli produk elektronik secara online dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, mengingat harga produk elektronik tidaklah murah. Faktor-faktor tersebut harus diperhatikan para pemilik toko elektronik online maupun konvensional agar dapat mempertahankan bahkan menambah loyalitas pelanggan mereka, karena loyalitas pelanggan merupakan ukuran yang dapat diandalkan untuk memprediksi pertumbuhan penjualan. Dari total 200 responden yang berada di Surabaya, didapatkan 3 faktor utama yang mempengaruhi loyalitas pelanggan yaitu faktor kualitas dan promo produk, faktor performa toko dan faktor saran dari orang lain. Dari hasil cluster terbentuk 2 cluster. Cluster pertama dinamai cluster senang belanja elektronik secara online dan cluster kedua dinamai cluster senang belana elektronik secara offline. Berdasarkan analisis diskriminan, variabel promo yang disediakan toko online dan kemudahan dalam melakukan transaksi secara online merupakan variabel yang menjadi pembeda dari kedua cluster. Tingkat loyalitas pelanggan dapat dikategorikan sebagai pelanggan yang loyal karena sebanyak 65.5% responden merupakan pelanggan yang loyal dan 34,5% responden merupakan pelanggan yang tidak loyal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Elektronik, Loyalitas Pelanggan, Toko Online, Toko Konvensional, Faktor, Tingkat Loyalitas.
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Valentino Aditya Wibowo
Date Deposited: 01 Feb 2019 09:04
Last Modified: 04 Feb 2019 03:51
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/16986

Actions (login required)

View Item View Item