Analisis dan Perancangan Prosedur Operasional Standar Siklus Persediaan pada Perusahaan Manufaktur Kotak Kemasan di Sidoarjo

Koeswanto, Vonny Faustina (2019) Analisis dan Perancangan Prosedur Operasional Standar Siklus Persediaan pada Perusahaan Manufaktur Kotak Kemasan di Sidoarjo. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (960kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan antar perusahaan yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk dapat mempertahankan eksistensinya, dengan cara pengelolaan sumber daya dan aset perusahaan secara efektif dan efisien, serta terus melakukan inovasi. Pengendalian internal yang baik diperlukan agar perusahaan dapat mengelola sumber daya dan aset secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan objek penelitian perusahaan manufaktur kotak kemasan yang berlokasi di daerah Sidoarjo. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1998. Permasalahan yang sering terjadi dalam perusahaan ini adalah rusaknya persediaan perusahaan yang disebabkan baik karena penerimaan bahan baku dari pemasok, maupun penyimpanan bahan baku di gudang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengendalian internal dan melakukan perancangan POS yang baik pada siklus persediaan perusahaan. Ruang lingkup penelitian ini dimulai dari penerimaan hingga pengelolaan persediaan, yang didasarkan pada hasil observasi dan wawancara. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah struktur organisasi, job description, proses penerimaan dan pengelolaan persediaan perusahaan, surat jalan, buku catatan pembelian, buku catatan persediaan gudang, dan Surat Perintah Kerja (SPK) yang didapat dari data perusahaan, yang didapat dari observasi, wawancara kepada wakil direktur perusahaan dan pihak-pihak lain yang terlibat dalam siklus persediaan perusahaan, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pemberian saran perbaikan kepada perusahaan berupa pengecekan kualitas dengan sampling yang perlu dilakukan oleh bagian gudang, dan instruksi kerja yang menjelaskan bahwa kertas yang baru diterima dari pemasok harus diletakkan pada bagian belakang serta perancangan Prosedur Operasi Standar (POS) dengan tujuan meminimalisir kesalahan, kelemahan, dan masalah dalam perusahaan. Kata kunci: siklus persediaan, pengendalian internal, Prosedur Operasi Standar (POS).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: siklus persediaan, pengendalian internal, Prosedur Operasi Standar (POS)
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6526 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 05:54
Last Modified: 28 Jan 2019 05:54
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/16998

Actions (login required)

View Item View Item