Analisis dan perancangan prosedur operasional standar siklus penjualan pada perusahaan manufaktur percetakan kemasan (Studi kasus pada JM)

Christy, Jessica (2019) Analisis dan perancangan prosedur operasional standar siklus penjualan pada perusahaan manufaktur percetakan kemasan (Studi kasus pada JM). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 fix..pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 2)
BAB 2 fix..pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text (BAB 3)
BAB 3 fix..pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4 fix..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5 fix..pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB) | Request a copy

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis saat ini semakin ketat. Perusahaan harus dapat bersaing untuk memenuhi tujuannya. Kegiatan utama dalam suatu perusahaan agar perusahaan dapat memenuhi tujuannya yaitu penjualan. Penjualan mampu membuat perusahaan memperoleh laba yang dapat membantu perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya oleh karena itu dibutuhkan prosedur operasional standar. Penelitian ini dilakukan pada Jaya Mulia yang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur percetakan kemasan. Penjualan yang dilakukan oleh perusahaan ini hanya merupakan penjualan kredit. Saat ini Jaya Mulia belum memiliki prosedur operasional standar yang dibakukan oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi untuk perbaikan kegiatan operasionalnya menjadi lebih efektif dan efisien. Permasalahan yang terjadi pada perusahaan ini terletak pada dokumen yang tidak memiliki rangkap dan nomer urut, tidak ada pengecekkan terhadap batas kredit, serta tidak terdapat bukti kas masuk. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi dan perancangan prosedur operasional standar agar dapat meminimalisir masalah dan kesalahan yang terdapat dalam perusahaan serta prosedur penjualan dapat menjadi lebih efektif dan efisien untuk menjaga kepuasan pelanggan. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dimulai dari evaluasi prosedur sampai dengan dokumen yang digunakan dalam siklus penjualan, kemudian melakukan perbaikan dan perancangan prosedur operasional standar pada Jaya Mulia. Peneliti juga memberikan saran perbaikan terhadap masalah yang terdapat pada perusahaan ini. Solusi ini berupa penambahan rangkap dokumen, membuat dokumen baru, dan memperbaiki prosedur siklus penjualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Siklus penjualan, prosedur operasional standar, prosedur
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6525 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 04:32
Last Modified: 28 Jan 2019 04:32
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/17002

Actions (login required)

View Item View Item