Pengaruh luas pengungkapan corporate social responsibility berbasis website terhadap asimetri informasi

Putri, Angelia Issabel Ayu (2018) Pengaruh luas pengungkapan corporate social responsibility berbasis website terhadap asimetri informasi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)

Abstract

Penelitian ini didasari karena belum banyaknya penelitian terkait pengungkapan corporate social responsibility pada website terhadap asimetri informasi. Pengungkapan informasi berupa corporate social responsibility pada website perusahaan, meningkatkan kepraktisan dan kemudahan pemangku kepentingan dalam memperoleh informasi. Semakin banyak informasi yang diserap oleh investor atau calon investor akan meningkatkan kredibilitas perusahaan. Tingkat kredibilitas perusahan dicerminkan dalam rendahnya nilai asimetri informasi. Dalam teori pemangku kepentingan investor atau calon investor berhak mengetahui informasi atau keadaan perusahaan. Dalam teori pengungkapan, perusahaan juga harus memberikan informasi kepada investor atau calon investor. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan manfaat akademis dimana luas pengungkapan corporate social responsibility yang dilakukan perusahaan pada website resmi mereka mampu mengurangi asimetri informasi pada perusahaan tersebut. Penelitian ini menggunakan variabel dependen asimetri informasi. Asimetri informasi informasi diukur dengan metode bid ask spread. Variabel independen penelitian ini adalah luas pengungkapan corporate social responsibility index (CSRI). Luas pengungkapan corporate social responsibility pada website perusahaan diukur menggunakan indeks yang diukur sesuai penelitian Branco dan Rodrigues (2006). Variabel kontrol dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, profitabilitas, ukuran KAP, dan kepemilikkan manajerial. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah semua sektor yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2017 kecuali sektor keuangan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tidak ada hubungan antara luas pengungkapan CSR pada website perusahaan dengan asimetri informasi. Penelitian ini juga melakukan pengujian tambahan yaitu mengukur pengaruh tiap komponen corporate social responsibility terhadap asimetri informasi. Hasil pengujian tambahan ini menunjukkan bahwa komponen Human Resource Disclosure yang berpengaruh terhadap asimetri informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Corporate social responsibility, asimetri informasi, luas pengungkapan
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6474 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2019 06:21
Last Modified: 19 Feb 2019 02:40
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/17010

Actions (login required)

View Item View Item