Gambaran penyesuaian diri individu dengan gangguan disleksia

Florencia, Jeanny (2013) Gambaran penyesuaian diri individu dengan gangguan disleksia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manusia dituntut untuk melakukan penyesuaian diri di setiap rentang kehidupannya. Demikian halnya dengan individu dengan gangguan disleksia. Gangguan disleksia akan berpengaruh pada setiap aspek kehidupan, baik dari segi akademis, kehidupan sehari-hari maupun hubungan interpersonal. Penyesuaian diri perlu dilakukan untuk mengatasi tantangan- tantangan dan memenuhi tugas perkembangan sebagai dewasa awal. Penyesuaian diri merupakan suatu proses yang melibatkan respon mental dan tingkah laku yang menyebabkan individu berusaha menanggulangi kebutuhan-kebutuhan, tegangan-tegangan, frustrasi-frustrasi dan konflik- konflik batin dengan tuntutan yang dikenakan kepadanya oleh dunia dimana ia hidup (Semiun, 2006: 37). Ada lima karakteristik penyesuaian diri menurut Haber & Runyon (1984, 10-19) yaitu persepsi tentang realita, kemampuan mengatasi stres dan kecemasan, self-image, kemampuan mengekspresikan perasaan dan hubungan interpersonal. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan wawancara dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Informan penelitian berjumlah 1 orang dengan 1 orang significant other. Informan penelitian memiliki kriteria berusia 18-40 tahun, mengalami gangguan disleksia, belum mengetahui bahwa dirinya mengalami disleksia dan terdaftar sebagai mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan memiliki karakteristik penyesuaian diri sesuai dengan teori Haber dan Runyon. Pada beberapa karakteristik, informan belum sepenuhnya menunjukkan karakteristik penyesuaian diri yang efektif. Peneliti juga menemukan adanya faktor lingkungan yang berpengaruh pada penyesuaian diri informan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian diri, disleksia, dewasa awal
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:59
Last Modified: 09 Mar 2015 02:59
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/1704

Actions (login required)

View Item View Item