Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pelaporan Kerugian Penurunan Nilai Goodwill pada Perusahaan Jasa di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017

Santoso, Verdiana Hendrawati (2019) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pelaporan Kerugian Penurunan Nilai Goodwill pada Perusahaan Jasa di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (938kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan memerlukan strategi untuk bertahan dan bersaing dalam bisnis, salah satunya adalah dengan kombinasi bisnis. Dalam suatu kombinasi bisnis, ketika nilai bersih aset suatu perusahaan yang diakusisi lebih kecil dari pada biaya akuisisi maka timbul goodwill. Nilai goodwill harus diuji penurunan nilai setiap akhir periode. Jika jumlah tercatat goodwill lebih besar dari jumlah terpulihkan maka terjadi kerugian penurunan nilai goodwill. Kondisi ini harus di informasikan di laporan keuangan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis serta menguji pengaruh big bath, biaya politik, kontrak hutang, pertumbuhan penjualan dan komite audit terhadap pelaporan kerugian penurunan nilai goodwill. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa laporan keuangan yang diperoleh dari website BEI atau website masing-masing perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Objek penelitian adalah perusahaan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2013-2017. Teknik analisis data menggunakan analisis linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa big bath dan komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap pelaporan kerugian penurunan nilai goodwill, sedangkan biaya politik berpengaruh negatif signifikan terhadap pelaporan kerugian penurunan nilai goodwill, serta kontrak hutang dan pertumbuhan pendapatan berpengaruh positif signifikan terhadap pelaporan kerugian penurunan nilai goodwill. Hal ini karena jika kontrak hutang semakin tinggi maka perusahaan akan melaporkan seluruh beban atau kerugian termasuk rugi penurunan nilai goodwill agar pajak yang dibayar kecil, dan perusahaan yang memiliki pertumbuhan pendapatan yang positif akan membuat laporan keuangan yang sewajarnya, termasuk jika ada rugi penurunan nilai goodwill.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelaporan kerugian penurunan nilai goodwill, big bath, biaya politik, kontrak hutang, pertumbuhan pendapatan, komite audit.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6555 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 07:24
Last Modified: 28 Jan 2019 07:24
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/17055

Actions (login required)

View Item View Item