Perencanaan unit pengendalian dan penjaminan kualitas pada proses pengolahan di pabrik teh hitam ctc dengan kapasitas 6000 kg/hari

Prabowo, Franky (2012) Perencanaan unit pengendalian dan penjaminan kualitas pada proses pengolahan di pabrik teh hitam ctc dengan kapasitas 6000 kg/hari. Technical Report (Perencanaan Unit Pengolahan Pangan (FTP), Makalah Komprehensif (FTP)). Faculty of Agricultural Technology, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of BAB 8]
Preview
Text (BAB 8)
BAB 8.pdf

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)

Abstract

Teh hitam merupakan hasil fermentasi dari pucuk teh yang sebelumnya telah mengalami berbagai proses, mulai dari pemetikan, pelayuan, dan penggilingan. Proses pengolahan teh hitam CTC (Crushing, Tearing, and Curling) dibagi menjadi beberapa tahapan, yang meliputi pelayuan pucuk teh segar, penggilingan, oksidasi enzimatis, pengeringan, sortasi kering dan pengemasan. Teh merupakan jenis minuman yang berasal dari seduhan hasil pengolahan pucuk daun teh (Camelia sinensis). Indonesia merupakan salah satu negara eksportir teh setelah China, India, Sri Lanka, Kenya dan Turki. Teh merupakan salah satu minuman yang banyak dikonsumsi di seluruh penjuru dunia yang berasal dari pucuk daun muda tanaman teh. Permintaan pasar terhadap teh yang semakin meningkat menuntut adanya pengendalian dan penjaminan kualitas yang baik, sehingga produk teh hitam yang dihasilkan mampu bersaing di pasaran. Jaminan kualitas dapat dihasilkan melalui suatu kegiatan pengendalian dan penjaminan kualitas selama proses pengolahan. Perencanaan unit pengendalian dan penjaminan kualitas pabrik teh hitam CTC dengan kapasitas 6000 kg/hari dapat dikatakan layak secara teknis karena didukung sumber daya manusia yang berkualitas dan berpengalaman di bidangnya, pengujian yang dilakukan meliputi analisa pucuk, analisa kadar air dan cup test. Laboratorium terletak dekat dengan ruang produksi, gudang bahan baku, dan gudang produk sehingga unit pengendalian dan penjaminan kualitas dapat berlangsung seefektif dan seefesien mungkin. Peralatan dan utilitas yang digunakan dalam keadaan baik dan jumlahnya cukup. Ditinjau dari aspek ekonomis, unit pengendalian dan penjaminan kualitas yang direncanakan layak untuk didirikan karena tidak akan membebani konsumen. Biaya unit pengendalian dan penjaminan kualitas per kilogram teh hitam adalah Rp. 78,82 dengan persentase sebesar 0,26% dari total biaya produksi.

Item Type: Monograph (Technical Report (Perencanaan Unit Pengolahan Pangan (FTP), Makalah Komprehensif (FTP)))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Teh hitam CTC, pengendalian dan penjaminan kualitas
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Rani .
Date Deposited: 13 Feb 2019 03:22
Last Modified: 13 Feb 2019 03:22
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17063

Actions (login required)

View Item View Item