Analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi pengadaan bahan material pada perusahaan konstruksi (studi kasus pada CV.Indocon)

Oktaviana, Nathania (2019) Analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi pengadaan bahan material pada perusahaan konstruksi (studi kasus pada CV.Indocon). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (416kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB) | Request a copy

Abstract

Pengadaan merupakan salah satu siklus yang penting dalam perusahaan untuk mendukung berjalannya suatu produksi. Dengan berjalannya suatu produksi, maka perusahaan memerlukan bahan baku produksi dan perlu dilakukannya pengadaan bahan material. Demikian halnya pada perusahaan konstruksi. Dalam perusahaan konstruksi diperlukan pengendalian dalam pengadaan bahan material dengan cara dilakukannya pembuatan rencana anggaran biaya bahan material. CV Indocon merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi Surabaya. Prosedur pengadaan bahan material pada CV Indocon memiliki permasalahan. Permasalahan pertama yang terjadi adalah perusahaan melakukan permintaan dan pesanan bahan material via telepon tanpa adanya bukti dokumen yang dapat mengakibatkan penerimaan bahan material yang salah. Permasalahan kedua yang terjadi adalah perusahaan sering mengalami dalam sistem anggarannya yang overbudget karena perusahaan tidak melakukan analisa kinerja. Permasalahan ketiga yang terjadi adalah saat ini perusahaan memiliki data pemasok yang terlalu banyak dan tidak adanya pengklasifikasian data pemasok. Permasalahan keempat yang terjadi adalah bagian admin yang membuat laporan kas tidak memberikan informasi yang jelas dan akurat dimana tidak adanya informasi saldo awal dan saldo akhir. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis sistem pengadaan bahan material yang diterapkan dan merancang sistem informasi akuntansi terkomputerisasi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain penelitian deskriptif. Data yang diperoleh merupakan hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi pada perusahaan. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis sistem sampai dengan mendesain sistem. Hasil dari penelitian ini yaitu rancangan sistem pengadaan bahan material terkomputerisasi, yang diharapkan dapat membantu perusahaan untuk mengatasi permasalahan yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Akuntansi, Perancangan sistem, Siklus Pengadaan Bahan Material, Perusahaan Jasa Konstruksi.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6541 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2019 01:27
Last Modified: 29 Jan 2019 02:24
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17071

Actions (login required)

View Item View Item