Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Siklus Penggajian Terkomputerisasi pada Perusahaan Manufaktur (Studi Kasus pada CV Sambal CUK)

Milka, . (2019) Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Siklus Penggajian Terkomputerisasi pada Perusahaan Manufaktur (Studi Kasus pada CV Sambal CUK). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy

Abstract

Era globalisasi ini, teknologi berkembang semakin maju dan perusahaan dituntut untuk mengikuti perkembangan tersebut agar dapat bersaing dengan perusahaan lain. Tuntutan ini mengharuskan perusahaan untuk mengambil keputusan dengan cepat dan akurat. Hal ini dapat didukung dengan penggunaan sistem terkomputerisasi terutama terkait dengan sistem penggajian. Sistem penggajian yang baik dalam perusahaan adalah sistem penggajian yang menghasilkan informasi akurat, relevan dan tepat waktu. Peneliti melakukan penelitian terkait sistem penggajian perusahaan manufaktur di Surabaya yaitu CV Sambal Cuk. Perusahaan ini bergerak dibidang pengolahan sambal dalam bentuk kemasan. Dalam menjalankan sistem penggajian, perusahaan masih menggunakan sistem manual sehingga dapat menimbulkan kesalahan perhitungan gaji. Selain itu, periode waktu perhitungan gaji sangat pendek dari tanggal pembayaran sehingga menyebabkan perhitungan gaji tidak akurat dan tidak tepat waktu. Hal ini juga dikarenakan komponen penggajian yang kompleks. Dokumen yang dimiliki oleh perusahaan tidak memadai salah satunya yaitu tidak adanya dokumen secara khusus terkait piutang karyawan dan dokumen terkait data karyawan. Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat perancangan sistem informasi akuntansi terkait sistem penggajian dengan metode penelitian studi kasus dan data yang digunakan yaitu data kualitatif. Teknis analisis data yang digunakan yaitu menganalisis sistem penggajian CV Sambal Cuk, menentukan kebutuhan sistem, merancang sistem terkomputerisasi dan melakukan perancangan sistem. Hasil penelitian ini yaitu merancang sistem penggajian yang dapat meningkatkan keakuratan dan ketepatan waktu pada pembayaran gaji karyawan. Dengan adanya sistem terkomputerisasi dapat membantu proses penggajian lebih akurat, tepat waktu dan relevan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Penggajian, Terkomputerisasi
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6542 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 08:51
Last Modified: 31 Jan 2019 08:31
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/17083

Actions (login required)

View Item View Item