Faktor-Faktor yang Dipertimbangkan Pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jawa Timur dalam Memilih Aplikasi Akuntansi

Meilandari, Immahchulatha Ratna (2019) Faktor-Faktor yang Dipertimbangkan Pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jawa Timur dalam Memilih Aplikasi Akuntansi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Jawa Timur sebagai usaha yang turut berkontribusi dalam peningkatan perekonomian Indonesia harus berupaya untuk menaikkan level usahanya. Aplikasi akuntansi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari upaya UMKM untuk naik level. Aplikasi akuntansi mampu menyediakan informasi UMKM yang berguna untuk pelaporan keuangan sesuai kebutuhan UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh pemilik UMKM di Jawa Timur dalam memilih aplikasi akuntansi. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pemilik UMKM di Jawa Timur, dan sekaligus mewawancarainya. Kuesioner yang berhasil disebarkan sebanyak 70 buah, namun yang kembali hanya 58 buah kuesioner. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor menggunakan spss dan hasil wawancara 58 responden sebagai sampelnya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh pemilik UMKM di Jawa Timur dalam memilih aplikasi akuntansi adalah faktor teknis, faktor operasional, faktor strategi dan faktor komersial. Faktor keamanan bukan merupakan bagian dari faktor yang dipertimbangkan dalam pemilihan aplikasi akuntansi, karena keamanan merupakan faktor yang memang mutlak melekat pada aplikasi akuntansi. Keempat faktor yang dihasilkan dalam penelitian ini tentu akan memiliki hasil yang berbeda ketika sampel penelitian memiliki presentase karakteristik yang berbeda dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: UMKM, Aplikasi akuntansi, Teknis, Operasional, Strategi, Komersial
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6570 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 09:02
Last Modified: 28 Jan 2019 09:02
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/17099

Actions (login required)

View Item View Item