Analisis dan perancangan prosedur operasi standar dalam aktivitas pembelian bahan baku untuk meningkatkan pengendalian internal pada UD. Bintang Mas

Adimasto, Yosua Arif Tangjaya (2019) Analisis dan perancangan prosedur operasi standar dalam aktivitas pembelian bahan baku untuk meningkatkan pengendalian internal pada UD. Bintang Mas. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy

Abstract

Di dunia bisnis zaman kini, persaingan antar perusahaan menjadi semakin ketat karena globalisasi. Melihat persaingan yang semakin ketat, perusahaan perlu memiliki prosedur operasi standar untuk meningkatkan pengendalian internalnya agar bisa bersaing. Tujuan dari memiliki prosedur operasi standar adalah agar kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Objek penelitian ini adalah UD. Bintang Mas, sebuah perusahaan yang memproduksi krupuk. Pada saat ini, UD. Bintang Mas masih belum memiliki prosedur operasi standar.Terdapat berbagai permasalahan yang terjadi di perusahaan ini, antara lain tidak adanya dokumen permintaan dan pesanan pembelian, serta laporan penerimaan barang yang belum cukup memadai. Selain itu, otorisasi pemesanan dan pembayaran juga dilakukan tanpa adanya daftar harga pemasok. Melihat berbagai permasalahan yang ada, perusahaan perlu memiliki prosedur operasi standar yang baku untuk meningkatkan pengendalian internal perusahaan. Penelitian ini menggunakan salah satu komponen pengendalian internal, yaitu aktivitas pengendalian untuk menganalisis aktivitas pembelian bahan baku perusahaan. Sumber data yang digunakan antara lain adalah struktur organisasi, proses kerja perusahaan, job description, flowchart, dan dokumen-dokumen yang digunakan pada aktivitas pesan bahan baku.Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah melakukan wawancara dengan Manajer Pembelian dan karyawan, observasi langsung, dan melakukan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah memberikan prosedur operasi standar baku yang dapat digunakan sebagai acuan kerja dalam UD.Bintang Mas, sambil menyarankan dokumen tambahan yaitu dokumen permintaan dan pemesanan pembelian, daftar harga pemasok untuk otorisasi pemesanan dan pembayaran secara tepat, serta perancangan kembali dokumen laporan penerimaan barang agar dapat memberikan informasi yang rinci.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas pembelian bahan baku, pengendalian internal, aktivitas pengendalian, Prosedur Operasi Standar (POS)
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6503 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2019 02:33
Last Modified: 22 Mar 2019 02:18
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/17141

Actions (login required)

View Item View Item