Faktor-faktor pembentuk sikap positif guru terhadap anak berkebutuhan khusus di benih kasih.

Fervariani, Melisa (2013) Faktor-faktor pembentuk sikap positif guru terhadap anak berkebutuhan khusus di benih kasih. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang secara signifikan berbeda dalam beberapa dimensi yang penting dari fungsi kemanusiaannya, jumlahnya pun makin meningkat. Namun adanya berbagai perlakuan yang negatif yang dilakukan masyarakat seperti adanya kekerasan yang dilakukan orangtua terhadap ABK, adanya sekolah yang menolak keberadaan ABK. Bahkan dari aspek pengajar ABK di sekolah inklusi masih adanya perlakuan negatif yang dilakukan guru karena kurangnya kesiapan pemahaman dan keketerampilan dalam mengajar ABK. Sedangkan adanya kecenderungan sikap positif guru-guru di sekolah reguler sehingga perilaku yang dihasilkan juga positif terhadap ABK. Oleh karena itu penelitian ini ingin mengetahui faktor-faktor pembentuk sikap positif guru terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah Benih Kasih. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apa saja faktor-faktor yang membentuk sikap positif guru terhadap anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan theory led thematic analysis. Pengumpulan data dengan melakukan proses wawancara pada 2 informan yang bekerja sebagai guru yang mengajar anak berkebutuhan khusus di sekolah Benih Kasih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kedua informan terdapat 6 faktor yang membentuk sikap positif kedua informan terhadap anak berkebutuhan khusus yaitu pengalaman pribadi (sebelum dan sesudah mengajar anak berkebutuhan khusus), pengaruh orang lain yang dianggap penting (sharing dengan rekan guru, shadow, psikolog serta pimpinan), budaya (keluarga), media massa (TV dan koran), lembaga pendidikan atau agama (pendidikan karakter buah roh, pembekalan kerohanian seperti fellowship) dan faktor emosional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Sikap, guru, anak berkebutuhan khusus
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2015 02:01
Last Modified: 10 Mar 2015 02:01
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/1716

Actions (login required)

View Item View Item