Analisis pengaruh lingkungan eksternal dan strategi bersaing dalam mencapai kinerja perusahaan melalui modal intelektual

Evelyn, Michelle (2018) Analisis pengaruh lingkungan eksternal dan strategi bersaing dalam mencapai kinerja perusahaan melalui modal intelektual. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)

Abstract

Intensitas persaingan yang meningkat seiring dengan kemunculan MEA mendorong perusahaan untuk memiliki strategi bersaing yang tepat. Strategi bersaing diimplementasikan untuk mencapai kinerja perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan berinvestasi pada modal intelektual untuk melaksanakan strategi tersebut. Kontekstual lingkungan eksternal perlu menjadi perhatian dalam menetapkan strategi bersaing yang tepat. Sebab, pengabaian lingkungan eksternal tersebut juga akan berdampak secara langsung terhadap modal intelektual perusahaan. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh lingkungan eksternal dan strategi bersaing dalam mencapai kinerja perusahaan melalui modal intelektual. Strategi bersaing diukur menggunakan rasio yang dikembangkan oleh Bentley, et al (2012), yaitu marketing to sales, historical growth measure, dan capital intensity. Lingkungan eksternal diukur menggunakan standar deviasi penjualan. Modal intelektual diukur dengan indeks pengungkapan menggunakan content analysis. Kinerja perusahaan diukur menggunakan return on assets, net profit margin, dan pertumbuhan penjualan. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur, perbankan, telekomunikasi, grosir dan retail yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017. Sampel penelitian dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan structural equation model (SEM) dengan pendekatan partial least square (PLS). Hasil penelitian membuktikan bahwa lingkungan eksternal berperan sebagai variabel anteseden strategi bersaing namun memiliki pengaruh yang negatif signifikan. Perusahaan dengan strategi prospector terbukti memiliki investasi modal intelektual yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan dengan strategi defender. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa lingkungan dengan ketidakpastian yang tinggi mendorong perusahaan untuk berinvestasi pada modal intelektual dengan jumlah yang lebih besar. Modal intelektual terbukti mampu meningkatkan kinerja perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Strategi bersaing, lingkungan eksternal, modal intelektual, kinerja perusahaan
Subjects: Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6496 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2019 04:05
Last Modified: 29 Jan 2019 04:05
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17165

Actions (login required)

View Item View Item