Hubungan kecanduan game online dengan gangguan mood pada remaja di SMAK. St. Louis 2 Surabaya tahun 2017

Santika, Isna (2018) Hubungan kecanduan game online dengan gangguan mood pada remaja di SMAK. St. Louis 2 Surabaya tahun 2017. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (2).pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB VII dan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang:Game Online merupakan permainan (games) yang dapat diakses oleh banyak pemain dimana mesin-mesin yang digunakan pemain dihubungkan oleh suatu jaringan. Umumnya jaringan yang digunakan adalah internet. Menggunakan internet dalam jangka waktu yang lama dapat memberikan pengaruh negatif, seperti mengabaikan tugas sekolah, gangguan psikologis (depresi, kecemasan, dan menjadikan timbul rasa rendah diri), dan gangguan kesehatan fisik (gangguan tidur dan kelemahan fisik).Fenomena ini juga menjadi masalah tersendiri bagi keluarga,dimana seorang anak yang mengalami kecanduan game online akan menarik dirinya dari lingkungan sosial dan melakukan segala cara agar dirinya dapat terus bermain game online. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis serta mengetahui adanya gambaran kecanduan game online dengan gangguan moodpada remaja di SMAK ST. LOUIS 2 Surabaya. Metode: Jenis penelitian ini adalah analisis observasional dengan metode cross sectional dan menggunakan teknik cluster random sampling, dimana subjek penelitian adalah 180 orang, dengan cara melakukan pengisian kuesioner modifikasi dari video game addiction dan mood disorder Questionnaire (MDQ). Hasil: Dari hasil analisis data, didapatkan bahwa terdapat hubungan antara kecanduan game online dengan gangguan mood pada remaja, dari hasil analisa melalui program SPSS versi 22 dapat diketahui bahwa koefisien korelasi bernilai positif yakni r = 0,223, dapat disimpulkan juga bahwa korelasi antara 2 variabel tersebut memiliki hubungan positif, dimana kecanduan gameonline berhubungan dengan gangguan mood. Probabilitas (Sig.) dalam uji ini adalah0,003, data diatas dianalisis menggunakan rumus Rank Spearman. Kesimpulan: Ada hubungan antara kecanduan gameonline dengan gangguan mood dengan nilai signifikansi 0,003 dan 54,4% kecanduan game online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Medicine" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kecanduan game online, gangguan mood, remaja
Subjects: Medicine
Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Medical Study Program
Depositing User: Users 6265 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2019 03:29
Last Modified: 12 Feb 2019 03:29
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/17170

Actions (login required)

View Item View Item