Pengaruh kesehatan keuangan dan struktur modal terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Manoach, Jane Berliana Keren (2018) Pengaruh kesehatan keuangan dan struktur modal terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy

Abstract

Penting bagi manajemen perusahaan publik untuk mengetahui dan mengontrol nilai perusahaan di mata investor dan kreditor. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kesehatan keuangan dan struktur modal terhadap nilai perusahaan. Melalui analisis financial distress, manajer dapat mengetahui kondisi kesehatan keuangan perusahaan. Kondisi keuangan yang sehat akan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan karena menunjukkan bahwa perusahaan tersebut going concern. Manajer juga perlu menentukan keputusan dalam struktur modal perusahaan. Rasio utang terhadap ekuitas yang meningkat akan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan karena perusahaan yang menggunakan utang sebagai sumber pendanaannya akan menimbulkan biaya tetap yang akhirnya dapat meningkatkan risiko bisnis. Kesehatan keuangan diukur menggunakan Altman Z-score, struktur modal diukur dengan menggunakan rasio Debt to Equity (DER), sedangkan nilai perusahaan diukur dengan Price to Book Value (PBV). Penelitian ini menggunakan pengujian tambahan robustness test untuk menguji satu variabel dengan dua pengukuran, sehingga variabel kesehatan keuangan tidak hanya menggunakan Altman Z-score, tetapi juga menggunakan variabel dummy. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013-2017 dengan total 256 observasi dipilih dengan teknik purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa kesehatan keuangan dan struktur modal berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian tersebut robust dengan pengujian kesehatan keuangan yang diukur dengan menggunakan variabel dummy. Ini artinya, investor lebih menyukai perusahaan yang mempunyai kondisi keuangan yang sehat. Investor cenderung menyukai perusahaan dengan tingkat leverage tinggi karena akan mengurangi beban pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kesehatan keuangan, struktur modal, nilai perusahaan, financial distress, Altman Z-score.
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6606 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2019 07:32
Last Modified: 29 Jan 2019 07:32
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/17217

Actions (login required)

View Item View Item