Pengaruh pengungkapan sustainability report terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel pemediasi

Harbani, Jessica Sara (2019) Pengaruh pengungkapan sustainability report terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel pemediasi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan dituntut tidak hanya berfokus pada kinerja ekonomi saja namun juga kepada kinerja sosial dan kinerja lingkungan. Perusahaan yang memiliki fokus dalam ketiga hal tersebut yaitu kinerja ekonomi, kinerja sosial, dan kinerja lingkungan mememiliki peluang untuk mempertahankan proses bisnisnya agar tetap berlanjut. Keberlanjutan perusahaan tersebut diungkapkan melalui salah satu laporan yaitu sustainability report. Sustainability report merupakan suatu sarana dimana perusahaan menggambarkan bagaimana tanggungjawab perusahaan terhadap pemangku kepentingan seperti karyawan, pemasok, konsumen, pemegang saham, komunitas, serta pemangku kepentingan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan sustainability report terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel pemediasi. Obyek penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013-2016 dan pernah mengikuti Indonesia Sustainability Report Awards (ISRA). Sampel dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka didapat 86 sampel yang memenuhi kriteria tersebut. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengungkapan sustainability report berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel pemediasi. Penelitian ini juga membuktikan bahwa pengungkapan sustainability report tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini menunjukan bahwa hubungan antara pengungkapan sustainability report dan nilai perusahaan memiliki hubungan tidak langsung dan dapat dimediasi oleh kinerja keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan sustainability report, kinerja keuangan, nilai perusahaan
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6556 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2019 04:01
Last Modified: 29 Jan 2019 04:01
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/17222

Actions (login required)

View Item View Item