Implementasi sistem pengendalian manajemen pada UMKM Batik Lasem

Puspitasari, Veronica (2019) Implementasi sistem pengendalian manajemen pada UMKM Batik Lasem. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Persaingan antara usaha batik yang baru berdiri dengan turun temurun di Kecamatan Lasem membuat seorang pemilik harus memiliki sistem pengendalian manajemen di dalam usahanya. Sistem pengendalian tersebut berguna agar semua orang yang ada di dalam perusahaan dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini akan membahas mengenai implementasi sistem pengendalian manajemen pada UMKM Batik Lasem. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaan strategis, penyusunan anggaran, dan ukuran kinerja pada Griya Batik Gajah dan Indah Aneka Warna serta menganalisis perbandingan antar kedua UMKM tersebut. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Objek penelitian ini berada di UMKM Batik Lasem, yaitu Griya Batik Gajah dan Indah Aneka Warna. Sumber data yang diambil berupa data primer yang merupakan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan langsung terhadap pemilik dari usaha batik tersebut. Wawancara dilakukan pada kedua UMKM Batik Lasem yang telah berpindah kepemilikan selama empat dan delapan tahun. Alat pengumpulan data berupa alat perekam suara dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah semi interview, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan dalam perencanaan strategis, pada Griya Batik Gajah dan Indah Aneka Warna belum dilakukan secara optimal karena pemilik menilai bahwa usaha batik tulis masih tergolong usaha kecil sehingga tidak melakukan beberapa tahapan seperti menetapkan tujuan tahunan, alokasi sumber daya, dan tindakan korektif atas strategi yang dibuat. Fase-fase dalam penyusunan anggaran belum dilakukan secara keseluruhan, pemilik hanya melakukan penyusunan anggaran secara sederhana. Ukuran kinerja juga belum dilakukan secara keseluruhan, kedua perusahaan tidak melakukan evaluasi dalam hal retensi karyawan karena menurut pemilik kedua perusahaan bahwa karyawan yang keluar masuk dengan membandingkan gaji yang didapat merupakan hal yang wajar dalam usaha batik serta evaluasi pengurangan waktu siklus tidak dilakukan karena menurut pemilik jumlah karyawan yang ada dibagian produksi telah sesuai dengan pekerjaan yang dikerjakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem pengendalian manajemen, usaha mikro kecil menengah, batik lasem, perencanaan strategis, penyusunan anggaran, ukuran kinerja, balance scorecard.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6530 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2019 05:47
Last Modified: 30 Jan 2019 05:47
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/17226

Actions (login required)

View Item View Item