Pengaruh primacy effect atau recency effect dan model pengambilan keputusan pada investor non profesional dalam pengambilan keputusan investasi

Arif, Cecilia Ivana (2018) Pengaruh primacy effect atau recency effect dan model pengambilan keputusan pada investor non profesional dalam pengambilan keputusan investasi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Pengambilan keputusan investasi bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu nya adalah informasi. Informasi menjadi hal yang sangat penting karena dengan adanya informasi tersebut maka investor bisa menganalisis keuntungan atau kerugian yang dihasilkan dari suatu investasi. Pengambilan keputusan investasi dapat dipengaruhi dengan bagaimana penyajian dari informasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh primacy effect atau recency effect dan model pengambilan keputusan pada investor non profesional dalam pengambilan keputusan investasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen 2x2 (between subject) dengan variabel independen primacy effect/recency effect dan model pengambilan keputusan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah pengambilan keputusan investasi. Partisipan penelitian adalah 65 orang mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya yang sedang mengambil mata kuliah Manajemen Portofolio dan Investasi serta mahasiswa PPAK Universitas Surabaya (UBAYA). Teknik analisis data menggunakan Univariants ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh dari primacy atau recency effect pada investor non profesional dalam pengambilan keputusan investasi. Karena ketika informasi tersebut disajikan berurutan maka investor lebih tidak terpengaruh dengan adanya primacy effect dan recency effect dalam berinvestasi. Selain itu model pengambilan keputusan juga tidak berpengaruh pada investor non profesional dalam pengambilan keputusan investasi. Karena meskipun pada perhitungan rata-rata terdapat perbedaan, tetapi perbedaan tersebut tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: primacy effect, recency effect, step by step, end of sequence, pengambilan keputusan investasi
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6585 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2019 07:53
Last Modified: 30 Jan 2019 07:53
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17256

Actions (login required)

View Item View Item