Analisis dan perancangan POS (Prosedur Operasional Standar) siklus penjualan dalam rangka meningkatkan pengendalian internal perusahaan dagang (studi kasus pada CV TAB Sukses Makmur)

Renata, Elly (2019) Analisis dan perancangan POS (Prosedur Operasional Standar) siklus penjualan dalam rangka meningkatkan pengendalian internal perusahaan dagang (studi kasus pada CV TAB Sukses Makmur). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Objek dalam penelitian ini yaitu perusahaan dagang yang bergerak di bidang alat tulis kantor bernama CV TAB Sukses Makmur. Siklus penjualan merupakan suatu kajian yang penting dalam aktivitas bisnis karena berperan sebagai sumber pendapatan bagi sebuah organisasi bisnis. Informasi dan pengendalian internal yang memadai merupakan hal yang penting agar kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan dengan baik. Perusahaan ini memiliki beberapa permasalahan terkait dengan siklus penjualannya, yaitu tidak adanya pengecekan kembali atas barang yang dikirim, tidak adanya otorisasi dari pihak yang berkepentingan, serta dokumen dan pengarsipan yang kurang memadai. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi aktivitas pengendalian, prosedur dan dokumen terkait siklus penjualan, serta memberikan usulan baru dengan Prosedur Operasional Standar (POS) sebagai pendukung dalam meningkatkan pengedalian internal yang memadai serta aktivitas kerja yang lebih terstruktur, konsisten, dan efisien. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode studi kasus. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahapan analisis data dalam penelitian ini yaitu menganalisis dan mengevaluasi aktivitas pengendalian, dokumen terkait, prosedur-prosedur, dan deskripsi kerja, serta memberikan usulan solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah memberikan desain perbaikan dokumen yang digunakan, desain dokumen baru, usulan perbaikan prosedur terkait dengan siklus penjualan pada CV TAB Sukses Makmur untuk meningkatkan pengendalian internal perusahaan. Selain itu, dalam mendukung pengendalian internal yang memadai pada perusahaan penelitian ini juga menghasilkan rancangan POS untuk prosedur-prosedur terkait siklus penjualan guna menciptakan aktivitas kerja yang terstruktur, sistematis, efektif, efisien, dan konsisten dalam kegiatan operasional CV TAB Sukses Makmur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Siklus Penjualan, Pengendalian Internal, Perusahaan Dagang, dan Prosedur Operasional Standar (POS)
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6628 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2019 01:54
Last Modified: 30 Jan 2019 01:54
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/17258

Actions (login required)

View Item View Item