Analisis dan Perancangan Sistem Penggajian Terkomputerisasi dalam Meningkatkan Perhitungan Gaji Karyawan (Studi Kasus pada RSU Bhakti Rahayu Surabaya)

Fanny, . (2019) Analisis dan Perancangan Sistem Penggajian Terkomputerisasi dalam Meningkatkan Perhitungan Gaji Karyawan (Studi Kasus pada RSU Bhakti Rahayu Surabaya). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5 REV.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN REV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)

Abstract

Seiring berkembangnya waktu penggunaan sistem informasi semakin berkembang dengan baik dan mendukung kegiatan operasional perusahaan. Hal ini menyebabkan perusahaan mulai beralih dari sistem manual menjadi terkomputerisasi sebab informasi yang dihasilkan lebih cepat dan akurat khususnya dalam pengambilan keputusan. Salah satu unsur penting dalam perusahaan yaitu sistem penggajian, melalui sistem yang tepat dan akurat maka akan memberikan dampak positif baik bagi perusahaan maupun karyawan. Peneliti berusaha melakukan penelitian sistem penggajian pada RSU Bhakti Rahayu Surabaya. RSU Bhakti Rahayu Surabaya merupakan usaha yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan menyediakan fasilitas dan tenaga ahli yang kompeten. Selama ini perhitungan gaji karyawan dilakukan dengan bantuan Microsoft Excel, namun perhitungan tersebut kurang memadai sebab data yang ada tidak dapat terhubung dengan baik sehingga pada saat perhitungan dan pembayaran gaji sering kali terjadi kesalahan selain itu komponen penggajian yang kompleks juga mempengaruhi dalam kesalahan perhitungan dan pembayaran gaji karyawan. Tujuan penelitian ini yaitu melakukan perancangan sistem informasi akuntansi penggajian karyawan terkomputerisasi, dengan menggunakan penelitian studi kasus melalui data kualitatif. Teknik analisis data yang dilakukan dengan melakukan evaluasi pada prosedur penggajian karyawan, dokumen yang terkait, pengendalian internal, analisis kebutuhan sistem informasi, dan melakukan perancangan sistem penggajian baru agar mendukung kegiatan operasional dari perusahaan. Hasil penelitian ini adalah rancangan sistem informasi akuntansi penggajian karyawan sehingga menghasilkan informasi yang cepat dan akurat. Dengan adanya sistem penggajian baru diharapkan dapat mengurangi risiko kesalahan baik dalam perekapan dan perhitungan gaji karyawan agar tidak merugikan baik karyawan dan perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Sistem Penggajian, Penerapan Sistem Informasi Terkomputerisasi.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6564 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2019 10:57
Last Modified: 22 Mar 2019 10:56
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/17260

Actions (login required)

View Item View Item